KONFLIK SUAMI ISTRI DALAM KELUARGA SELAPUT KOSONG

INNEKE ARMALIA AGATHA, 071511433085 (2019) KONFLIK SUAMI ISTRI DALAM KELUARGA SELAPUT KOSONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
E.JURNAL KONFLIK SUAMI ISTRI DALAM KELUARGA SELAPUT KOSONG.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Fis S 30 19 Aga k ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis S 30 19 Aga k.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga selaput kosong merupakan suatu fenomena yang tidak dapat terlihat secara nyata oleh masyarakat. Dalam keluarga selaput kosong tidak ada interaksi ataupun komunikasi yang terjadi antara suami istri. Sehingga hal tersebut berdampak terhadap peranan suami istri dalam sebuah keluarga. Maka peranan suami istri dalam keluarga selaput kosong sangat menarik untuk diteliti. Adapun fokus penelitian ini ialah bagaimana konflik suami istri dalam keluarga selaput kosong baik di dalam lingkungan keluarga maupun di luar lingkungan keluarga. Studi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam atau indepth interview dengan menggunakan pedoman wawancara dan observasi lapangan. Untuk menganalisa permasalahan tersebut menggunakan teori dramaturgi dari Erving Goffman, dengan konsep dramaturgi yakni panggung depan dan panggung belakang. Personal front di luar rumah tersebut mereka tampilkan dengan bersikap tidak ada konflik dalam keluarganya.Personal front dalam konsep panggung depan tersebut berkaitan dengan tindakan-tindakan yang berbeda pada saat berada di panggung belakang suami istri keluarga selaput kosong, antara lain:mereka ingin menyembunyikan kondisi keluarga yang sedang berkonflik, mereka lebih memilih untuk mengurangi adanya hubungan interaksi satu sama lain ketika berada di luar rumah dan mereka tidak ingin menunjukkan situasi hubungan mereka kepada orang lain. Kesimpulannya, panggung depan suami istri akan tetap melakukan interaksi dan komunikasi namun dengan batasan tertentu, yakni dengan mengurangi interaksi dan komunikasi saat berada di luar rumah. Sedangkan dalam panggung belakang, suami istri tidak melakukan interaksi dan komunikasi satu sama lain karena adanya perasaan sedih, kecewa, marah dan rasa sulit memaafkan terhadap pasangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 30/19 Aga k
Uncontrolled Keywords: Keluarga Selaput Kosong, Konflik Suami Istri, Dramaturgi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K321-474 Schools of legal theory > K366-380 Sociology of law. Sociological jurisprudence
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
INNEKE ARMALIA AGATHA, 071511433085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas'udah, S.Sos.,M.Si., NIDN: '0005087908UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:02
Last Modified: 23 Sep 2019 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87321
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item