Peranan Account Payable Section Dalam Penanganan Hutang Pada Hotel Vasa Surabaya

Amanda Putri Amelia (2019) Peranan Account Payable Section Dalam Penanganan Hutang Pada Hotel Vasa Surabaya. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV.MP.38-19 AME P.pdf

Download (477kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV.MP.38-19 AME P.pdf

Download (557kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV.MP.38-19 AME P.pdf

Download (325kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FV.MP.38-19 AME P.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dapat disimpulkan bahwa staff account payable merupakan salah satu bagian dari accounting departemen yang berperan dalam proses pembayaran hutang yang timbul akibat operasional hotel, menerima tagihan-tagihan pembelian barang yang muncul akibat operasional hotel, menerima proses tukar tanda terima yang dilakukan setiap hari senin dan selasa, menjalankan prosedur pembayaran hutang, menerima dokumen administrasi dari penambahan supplier baru. Proses pembayaran hutang di account payable section ada dua sistem yaitu: sistem pembayaran hutang ap trade dan sistem pembayaran hutang non ap trade. Sistem ini mempunyai tahapan yang sama kecuali pada tahapan, penerimaan data atau invoice pada sistem pembayaran hutang ap trade staff account payable menerima receuvungg report, invoice, purchase order atau market list, sedangkan pada sistem pembayaran hutang non ap trade staff accout payable menerima internal memo, invoice, beberapa dokumen yang menunjang pembayaran invoice tersebut seperti perbandingan harga tiket pesawat, screenshoot bukti bahwa tamu melakukan kelebihan pembayaran dan bukti transfer untuk pengembalian refund tamu. Prosedur dalam melakukan pekerjaan sebagai staff account payable ada beberapa tahap yaitu: pengecekan summary receiving report beserta dokumen supporting, menginput data dari receiving report ke dalam sistem yang ada di account payable section, menerima tukar tanda terima yang dilakukan pada hari senin dan selasa, memeriksa kelengkapan dari supplier baru, membuat remittance advice saat telah melakukan pembayaran, pembuatan bukti potong pajak ke beberapa supplier yang memberikan jasa dan pelayanan kepada hotel, membuat cek untuk dilakukan pembayaran, membuat account payable reporting, dan membuat creditor reconciliation.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.38/19 Ame p
Uncontrolled Keywords: Account payable section, hutang, hotel
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Amanda Putri AmeliaNIM151611113065
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma SurianiNIDN0023127502
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Feb 2020 00:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87323
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item