HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC HARDINESS DENGAN ACADEMIC FLOW PADA MAHASISWA

ADYANING RARAS ANGGITA KUMARA, 111511133044 (2019) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC HARDINESS DENGAN ACADEMIC FLOW PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara academic hardiness dengan academic flow pada Mahasiswa. Academic Hardiness adalah konsep ketangguhan atau daya tahan ketika menghadapi kesulitan dalam akademik, mencakup tiga komponen yaitu: control, challenge, dan commitment (Benishek & Lopez, 2001; (Benishek dkk., 2005). Csikszentmihaly (1997) mendefinisikan flow sebagai suatu kondisi saat individu terlibat aktif pada kegiatannya. Flow adalah suatu state atau kondisi ketika individu dapat berkonsentrasi penuh terhadap apa yang dilakukannya. Ketika individu merasa nyaman dengan apa yang sedang dikerjakan, berkonsentrasi, dan melakukan tugas atau kegiatan akademik atas dasar motivasi intrinsik maka dapat disebut dengan academic flow (Yuwanto, 2013c) Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif baik sarjana dan diploma dengan jumlah subjek sebanyak 355 mahasiswa aktif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuisioner yang terdiri atas skala Academic Hardiness dan skala Academic Flow. Skala Academic Hardiness menggunakan alat ukur RAHS (Revised Academic Hardiness Scale) dengan reliabilitas (r=0,853) (Benishek dkk., 2005). Academic Flow diukur dengan LIS (The Flow Inventory for Student), alat ukur yang dikembangkan Yuwanto (2011) dengan reliabilitas (r=0,828). Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS 22.0 for windows

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 160/19 Kum h
Uncontrolled Keywords: Academic Hardiness, Academic Flow, College Students
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2381-2391 Academic degrees
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ADYANING RARAS ANGGITA KUMARA, 111511133044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, '0010098104UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:42
Last Modified: 24 Sep 2019 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87368
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item