MAKNA BEKERJA SEBAGAI OJEK PAYUNG BAGI ANAK-ANAK DI SURABAYA (Studi Deskriptif Mengenai Pilihan Rasional Anak-anak yang Bekerja sebagai Ojek Payung)

Falakh Arief Yustisian, 071511433092 (2019) MAKNA BEKERJA SEBAGAI OJEK PAYUNG BAGI ANAK-ANAK DI SURABAYA (Studi Deskriptif Mengenai Pilihan Rasional Anak-anak yang Bekerja sebagai Ojek Payung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis S 41 19 Yus m.PDF
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL-FALAKH ARIEF YUSTISIAN-071511433092.pdf

Download (392kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia, persoalan pekerja anak dan kelangsungan pendidikannya belakangan ini kembali muncul karena dipicu situasi krisis ekonomi yang berkepanjangan. Persoalan pekerja anak menjadi kian kompleks dan sulit terpecahkan. Sebagai salah satu kota metropolitan Surabaya tidak luput dari adanya masalah sosial yang sangat kompleks. Di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya terdapat beberapa anak yang bekerja sebagai ojek payung saat musim hujan. Pekerjaan ojek payung tersebut tidak sesuai dengan anak karena berbahaya dalam artian dapat mengancam keselamatan anak, serta membuat anak rentan terkena penyakit. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, fokus dalam penelitian kali ini adalah tentang keputusan anak terlibat dalam dunia kerja. Alasan anak bekerja dan berbagai resiko yang harus ditanggung anak ketika mereka harus bekerja di usia dini. Maka penelitian ini mengkaji mengenai: (1) Apa saja hal yang mendasari keputusan anak bekerja sebagai ojek payung? (2) Bagaimana anak memaknai pekerjaan sebagai ojek payung? Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kualitatif, penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional James S. Coleman dan teori Fenomenologi Alfred Schutz. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan juga dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penyebab anak bekerja adalah faktor ekonomi keluarga. Pekerjaan sebagai ojek payung ini adalah pekerjaan musiman yang biasanya dilakukan oleh anak-anak sekolah di waktu luangnya. Selama bekerja ojek payung banyak dampak negatif yang dirasakan seperti sakit-sakitan setelah bekerja, payung terbalik jika hujan lebat serta tindak kekerasan secara fisik berupa pemukulan menggunakan tongkat yang dilakukan oleh oknum satpam mall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 41/19 Yus m
Uncontrolled Keywords: Pekerja Anak, Pekerja Ojek Payung, Pilihan Rasional, Makna bekerja
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K321-474 Schools of legal theory > K366-380 Sociology of law. Sociological jurisprudence
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Falakh Arief Yustisian, 071511433092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf.Dr.Bagong Suyanto,Drs.,M.Si., NIDN:'0006096604UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:47
Last Modified: 24 Sep 2019 03:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87384
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item