“Life Story dan Pengalaman Sosial” (Studi Fenomenologi Keluarga yang Menyewakan Sebagian Tempat Tinggalnya di Wisata Sarangan)

Robab Ika Mariani Budiasih, 071511433047 (2019) “Life Story dan Pengalaman Sosial” (Studi Fenomenologi Keluarga yang Menyewakan Sebagian Tempat Tinggalnya di Wisata Sarangan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis S 44 18 Bud l.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_ROBAB IKA MARIANI B._071511433047.PDF.pdf

Download (263kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perkembangan di sektor pariwisata, rumah yang biasanya digunakan sebagai tempat tinggal pribadi kemudian beralihfungsi menjadi tempat tinggal umum dikarenakan adanya orang baru yang masuk di dalamnya. Dengan beralihnya rumah hunian tersebut menimbulkan life story dan pengalaman sosial yang dialami antara keluarga satu dengan keluarga yang lain pun berbeda. Rumah atau sebagian dari rumah yang dialihfungsikan oleh keluarga di kawasan wisata memiliki perbedaan latar belakang tindakan dan tujuan yang ingin dicapai.Hal ini memunculkan asumsi bagaimana fakta sosial yang senyatanya terjadi dan dialami oleh keluarga pemilik rumah inap di dalam kehidupan sehari-hari.Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keluarga memaknai tempat tinggal yang sudah termodifikasi oleh perubahan yang terjadi, untuk mengetahui tindakan-tindakan yang dialami oleh keluarga, serta mengetahui bagaimana keluarga merespons situasi baru yang dialaminya. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan teori Fenomenologi dari Alfred Schutz dan menggunakan teori pendukung yakni teori Tindakan Sosial oleh Max Weber. Informan yang diperoleh secara purposive sebanyak tujuh orang sebagai informan subjek dan tiga orang sebagai informan pendukung dengan latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) keluarga dengan rumah yang bagus memaknai rumah adalah asset yang memberikan kebutuhan materiil dan non materiilyang kemudian memberikan respon bahwa rumah yang dibangun telah direncanakan untuk kebutuhan penginapan dengan beorientasi tindakan rasionalitas. (2) keluarga dengan rumah yang sedang beorientasi tindakan nilai, tradisional dengan memberikan respon bahwa rumah yang dimilikinya tersebut direnovasi agar dapat memberikan fasilitas yang baik untuk tamu yang datang. (3) keluarga dengan rumah yang biasa beorientasi tindakan afeksi dan nilai yang mana memiliki makna sama dengan keluarga rumah sedang bahwa rumah merupakan kebutuhan utama di dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 44/18 Bud l
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Fenomenologi, Rumah.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Robab Ika Mariani Budiasih, 071511433047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Udji Asiyah, M.Si., NIDN:'0029015502UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:00
Last Modified: 24 Sep 2019 04:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87390
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item