STRATEGI PEMASARAN SOSIAL PROGRAM PENCEGAHAN PERKAWINAN ANAK (BERPIHAK) OLEH YAYASAN RUMAH KITA BERSAMA DI KECAMATAN BATANG-BATANG, KABUPATEN SUMENEP

Sintya Tifani Sari, 071511533071 (2019) STRATEGI PEMASARAN SOSIAL PROGRAM PENCEGAHAN PERKAWINAN ANAK (BERPIHAK) OLEH YAYASAN RUMAH KITA BERSAMA DI KECAMATAN BATANG-BATANG, KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABASTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 92 19 Sar s.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SINTYA TIFANI SARI_071511533071_JURNAL.pdf

Download (407kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Kita Bersama pada program pencegahan perkawinan anak (BERPIHAK) di Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep. Signifikansi penelitian ini adalah tingginya perkawinan anak di Kecamatan Batang-batang yang berdampak pada berbagai aspek, terutama bidang kesehatan serta program pencegahan perkawinan anak yang melibatkan tokoh formal dan non-formal baru pertama kali ini diselenggarakan. Kajian pustaka yang digunakan oleh penulis untuk mendukung analisis penelitian ini adalah strategi pemasaran sosial. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam kepada informan penelitian yaitu pengurus Yayasan Rumah Kita Bersama dan peserta pelatihan peningkatan kapasitas tokoh formal dan non-formal. Data lainnya diperoleh melalui dokumen yang dimiliki oleh Yayasan Rumah Kita Bersama dan dinas-dinas terkait di Kabupaten Sumenep. Hasil penelitian ini adalah program BERPIHAK di Kecamatan Batangbatang sepenuhnya menerapkan tahapan-tahapan strategi pemasaran sosial dengan terstruktur. Pesan yang telah disusun sesuai dengan karakteristik target adopter kemudian disampaikan melalui personal selling yaitu presentasi face to face sehingga pemahaman tokoh formal, non-formal, pesantren dan ormas keagamaan tentang peran pentingnya dalam pencegahan perkawinan anak dapat ditingkatkan. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa belum adanya sinkronisasi pada tahap developing social marketing strategies padahal tahapan ini menjadi dasar acuan tahapan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 92/19 Sar s
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Sosial, Pencegahan Perkawinan Anak, Personal Selling
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Sintya Tifani Sari, 071511533071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Liestianingsih Dwi dayanti, Dra.,M.Si, NIDN: '0006095604UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Sep 2019 05:16
Last Modified: 24 Sep 2019 05:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87409
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item