HARGA MINYAK MENTAH DAN KINERJA SAHAM PERUSAHAAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR DI INDONESIA

ROSYIIDA ARBIL AZIZAH, 041611223044 (2019) HARGA MINYAK MENTAH DAN KINERJA SAHAM PERUSAHAAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 228 19 Azi h.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga minyak mentah terhadap indeks saham sektor manufaktur di Indonesia. Penelitian ini mengamati perubahan harga minyak mentah dan dampaknya pada indeks saham di sektor manukfatur periode Januari 2006 – Desember 2017. Model analisis penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan variabel terikat yaitu kinerja saham perusahaan pada sektor manufaktur yang diukur menggunakan return saham. Variabel bebas pada penelitian ini menggunakan harga minyak mentah dari tiga jenis minyak yang menjadi benchmark harga minyak mentah di dunia yaitu West Texas Intermediate (WTI), Brent Crude Oil, dan Dubai Crude Oil. Hasil penelitian ini menunjukkan secara signifikan bahwa harga minyak mentah memilki pengaruh terhadap kinerja saham perusahaan ketiga sektor manufaktur yaitu sektor industri dasar dan kimia, sektor aneka industri, dan sektor industri barang konsumsi. Ketiga jenis minyak mentah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja saham perusahaan. Minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI), dan Dubai Crude Oil memiliki pengaruh positif, sedangkan harga minyak mentah jenis Brent Crude Oil memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja saham. Fleksibilitas harga minyak mentah yang berbeda dari ketiga jenis minyak mentah memiliki pengaruh yang berbeda pada kinerja saham perusahaan, harga minyak mentah jenis Brent Crude Oil memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi sehingga dampak perubahan harga minyak langsung dapat dirasakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 228/19 Azi h
Uncontrolled Keywords: Harga Minyak Mentah, Kinerja Saham, Return Saham, Saham Sektoral, West Texas Intermediate (WTI), Brent Crude Oil, Dubai Crude Oil
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ROSYIIDA ARBIL AZIZAH, 041611223044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Windijarto, S.E., MBA, NIDN: '0014046304UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:18
Last Modified: 24 Sep 2019 07:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item