PENGARUH SOCIAL SYSTEM PADA EMOTIONAL ATTACHMENT, SERTA DAMPAK EMOTIONAL ATTACHMENT, BRAND IMAGE, DAN SENSE OF TRUST TERHADAP INTENTION TO DONATE(STUDI PADA CROWDFUNDING KitaBisa.com)

JIHAN FEBY AMALIA, 041411231018 (2019) PENGARUH SOCIAL SYSTEM PADA EMOTIONAL ATTACHMENT, SERTA DAMPAK EMOTIONAL ATTACHMENT, BRAND IMAGE, DAN SENSE OF TRUST TERHADAP INTENTION TO DONATE(STUDI PADA CROWDFUNDING KitaBisa.com). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 231 19 Ama p.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Crowdfunding merupakan platform yang membantu pengumpulan dana atau modal dari suatu individu, kelompok, atau organisasi melalui internet, atau yang biasa dikenal dengan donasi online. Di Indonesia sendiri terdapat telah terdapat beberapa crowdfunding, salah satunya adalah KitaBisa.com Crowdfunding KitaBisa.com merupakan crowdfunding terbesar di Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan variabel identification yang merupakan tingkat kecocokan individu dengan organisasi, interaction, dan information value yang merupakan informasi yang diterima oleh pengakses website KitaBisa.com yang memberikan pengaruh terhadap emotional attachment yaitu ikatan emosional yang akan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan KitaBisa.com. Selain itu pada penelitian ini juga menambahkan variabel intention to donate yang dipengaruhi emotional attachment, brand image dan sense of trust. Pengakses website KitaBisa.com yang memiliki emotional attachment, brand image, dan sense of trust diharapkan dapat mendorong terciptanya intention to donate pada KitaBisa.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan metode PLS dengan menggunakan Smart PLS 3.0. Responden dari penelitian ini adalah orang – orang yang mengetahui dan pernah mengakses website KitaBisa.com namun belum pernah berdonasi yang berjumlah 104 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara identification terhadap emotional attachment, interaction terhadap emotional attachment, emotional attachment terhadap intention to donate, dan sense of trust terhadap intention to donate. Namun terdapat hipotesis yang tidak memiliki pengaruh signifikan yaitu information value terhadap emotional attachment dan brand image terhadap intention to donate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 231/19 Ama p
Uncontrolled Keywords: crowdfunding, identification, interaction, information value, emotional attachment, brand image, sense of trust, intention to donate.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
JIHAN FEBY AMALIA, 041411231018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. Tanti Handriana, SE., M.Si.,, NIDN: '0018056905UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:36
Last Modified: 24 Sep 2019 07:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87442
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item