PENGARUH CONTENT FORMAT DAN MESSAGE APPEAL TERHADAP ATTITUDE TOWARD ADVERTISING DAN SWIPE-UP INTENTION IKLAN PRODUK FASHION PADA INSTAGRAM STORY

GALIH PRAKOSA HANDONO WARIH, 041511233231 (2019) PENGARUH CONTENT FORMAT DAN MESSAGE APPEAL TERHADAP ATTITUDE TOWARD ADVERTISING DAN SWIPE-UP INTENTION IKLAN PRODUK FASHION PADA INSTAGRAM STORY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (104kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 241-19 War p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Popularitas Instagram membuat pemasar memanfaatkannya untuk memasarkan atau mempromosikan produk dan brand mereka. Promosi yang dilakukan melalui Instagram dapat ditampilkan menggunakan fitur iklan berbayar yang tersedia. Ada dua aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemasar dalam memilih strategi periklanan agar menghasilkan promosi produk yang efektif, yaitu format iklan dan pendekatan pesan apa yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas iklan yang dipersepsikan dengan sikap terhadap iklan dan niat swipe-up yang dipengaruhi oleh pemilihan format iklan dan pendekatan pesan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 format iklan (video vs foto) x 2 pendekatan pesan (emosional vs rasional) dan partisipan penelitian ini adalah 160 mahasiswa. Stimuli yang digunakan dalam penelitian ini memuat empat iklan produk fashion yang ditayangkan pada Instagram Story dengan kombinasi format iklan dan pendekatan pesan yang berbeda. Partisipan diminta untuk mengamati salah satu dari empat iklan secara acak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis MANOVA dan Regresi memanfaatkan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan format iklan dan pendekatan pesan yang berbeda menghasilkan efek yang berbeda pula terhadap sikap terhadap iklan dan niat swipe-up, khususnya pada iklan produk fashion yang ditampilkan pada Instagram Story.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 241/19 War p
Uncontrolled Keywords: advertising, instagram story, content format, message appeal, attitude toward advertising, swipe-up intention, MANOVA, Regression
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
GALIH PRAKOSA HANDONO WARIH, 041511233231UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSONY KUSUMASONDJAJA, NIDN: 0001057604UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:55
Last Modified: 25 Sep 2019 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item