PENGARUH DISKURSUS ELIT POLITIK TERHADAP PENGAJUAN REFERENDUM KEMERDEKAAN KEDUA SKOTLANDIA

SABBIKHIS DINI NUR WALIDAINI, 071511233014 (2019) PENGARUH DISKURSUS ELIT POLITIK TERHADAP PENGAJUAN REFERENDUM KEMERDEKAAN KEDUA SKOTLANDIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 48 19 Wal p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL SKRIPSI_SABBIKHIS DINI NUR WALIDAINI_071511233014-converted-compressed.pdf

Download (171kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun 2017, Skotlandia mengajukan rencana untuk menggelar referendum kemerdekaan kedua. Tidak ada pihak yang menyangka bahwa ide kemerdekaan masih terus berkembang di Skotlandia. Pasalnya, pemerintah Inggris telah berupaya keras untuk mempertahankan Skotlandia agar tidak lagi berencana memerdekakan diri. Berbagai strategi telah dilakukan mulai dari memenuhi berbagai kebutuhannya hingga memberikan tambahan kekuasaan melalui proses devolusi pasca referendum 2014. Sayangnya, strategi tersebut tidak mampu menghalangi keinginan Skotlandia untuk merdeka. Sehingga, terdapat anomali dari kasus pengajuan rencana referendum kemerdekaan Skotlandia kedua. Perbedaan kasus tersebut dengan pola pada umumnya kemudian menimbulkan pertanyaan terkait faktor yang menyebabkan munculnya rencana untuk menggelar referendum kemerdekaan kedua di Skotlandia. Penelitian ini kemudian menjawab pertanyaan tersebut menggunakan pendekatan di level domestik dengan dua teori yakni diskursus elit politik dan constituent arena. Dengan menggunakan pendekatan dan teori tersebut, penelitian ini pun menghasilkan temuan yang menjelaskan tiga hal. Pertama, diskursus elit politik terkait kemerdekaan memang berkembang di Skotlandia. Kedua, perkembangan diskursus tersebut dipengaruhi oleh dominasi SNP (Scottish National Party) sebagai partai politik proindependence dalam Parlemen Skotlandia. Ketiga, ide kemerdekaan yang ternyata juga mendapatkan dukungan dari pihak eksternal akhirnya terus dikembangkan oleh SNP untuk mempertahankan kedudukannya dalam perpolitikan Skotlandia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 48/19 Wal a
Uncontrolled Keywords: Constituent Arena, Diskursus Elit Politik, Politik Domestik, Referendum Kemerdekaan Kedua, Skotlandia.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
SABBIKHIS DINI NUR WALIDAINI, 071511233014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Baiq L.S.W. Wardhani, MA.,Ph.D., NIDN: '0031036404UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:08
Last Modified: 25 Sep 2019 05:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87508
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item