OPERASI SIBER OFENSIF IRAN TERHADAP AMERIKA SERIKAT, ISRAEL DAN ARAB SAUDI: KEPENTINGAN DAN STRATEGI SIBER OFENSIF IRAN

Rahmadi Pratama Aritonang, 071511233049 (2019) OPERASI SIBER OFENSIF IRAN TERHADAP AMERIKA SERIKAT, ISRAEL DAN ARAB SAUDI: KEPENTINGAN DAN STRATEGI SIBER OFENSIF IRAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 49 19 Ari o.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Skripsi - Rahmadi Pratama Aritonang - 071511233049.pdf

Download (400kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kepentingan dan strategi siber ofensif yang diaplikasikan oleh Iran, terhadap ketiga negara yang telah menjadi musuh utamanya selama ini, yakni Amerika Serikat, Israel, dan Arab Saudi. Hal ini peneliti lakukan karena peretas Iran berusaha melakukan hal yang berbeda dari kebanyakan pola operasi siber ofensif negara lain, yakni dengan sengaja mempertunjukkan bahwa negaranya adalah pelaku sekalian ancaman siber di era ini dengan melakukan serangkaian operasi siber ofensif dari tahun 2010 sampai dengan 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tingkatan analisis identitas nasional dari segi sejarah politik luar negeri dan militer negara tersebut, kepentingan Iran adalah untuk melemahkan kemauan musuh dalam melakukan perang konvensional dengan menganggu, menghancurkan, meletihkan, atau memaksa. Adapun hal ini juga dapat dilihat dengan tingkatan analisis individu Iran, yakni Ali Khamenei dan pendekatan analisis sifat kepemimpinan, yang mana bertujuan untuk menganalisa kemampuan Khamenei dalam kehidupan politik negaranya, terutama dalam menangani isu-isu politik luar negeri. Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tujuan dari serangkaian operasi siber ofensif Iran dapat diakomodasi dengan strategi siber asimetris yang digunakan Korea Utara dan strategi pencegahan aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 49/19 Ari o
Uncontrolled Keywords: Iran, Operasi Siber Ofensif, Kepentingan Iran, Strategi Siber Asimetris, Strategi Pencegahan Aktif.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Rahmadi Pratama Aritonang, 071511233049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Basis Susilo Drs.,MA., NIDN: '0008085405UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:16
Last Modified: 25 Sep 2019 05:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87511
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item