MOTIF EKONOMI POLITIK DALAM INTERVENSI MILITER RWANDA PADA PERANG KONGO II TAHUN 1998: PENGARUH ATRIBUT NASIONAL TERHADAP ARAH KEBIJAKAN LUAR NEGERI RWANDA

MUTIARA JULIA PERTIWI, 071511233092 (2019) MOTIF EKONOMI POLITIK DALAM INTERVENSI MILITER RWANDA PADA PERANG KONGO II TAHUN 1998: PENGARUH ATRIBUT NASIONAL TERHADAP ARAH KEBIJAKAN LUAR NEGERI RWANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 50 19 Per m JURNAL.pdf

Download (163kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 50 19 Per m SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rwanda kembali melakukan intervensi militer pada Perang Kongo II tahun 1998 setelah sebelumnya pernah terlibat pada Perang Kongo I tahun 1996. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor yang mempengaruhi arah kebijakan luar negeri Rwanda melalui kerangka teoritik pengaruh atribut nasional dalam kebijakan luar negeri. Atribut nasional tersebut akan menjelaskan apa saja atribut negara yang dapat mendorong atau membatasi negara untuk melakukan sesuatu. Temuan dalam penelitian ini melihat bahwa kebijakan intervensi Rwanda dipengaruhi oleh terdapat pengaruh letak geografis dan sumber daya alam, kapabilitas ekonomi serta kapabilitas militer yang dimiliki Rwanda terhadap kebijakan intervensi militer Rwanda di Perang Kongo II 1998. Sedangkan di bagian pembahasan menjelaskan mengenai hasil analisis data-data yang ditemukan dan kemudian menghasilkan kesimpulan berupa adanya beberapa faktor yang mempengaruhi kebijakan luar negeri Rwanda, dimana faktor tersebut berupa atribut nasional yang erat kaitannya dengan aspek ekonomi sebagai kepentingan nasional Rwanda, yaitu letak geografis dan sumber daya alam, serta kapabilitas ekonomi yang menjadi dorongan bagi Rwanda untuk melakukan eksploitasi sumber daya alam melalui intervensi militer di Republik Demokratik Kongo (RDK), dimana implementasi kebijakan tersebut didukung oleh kapabilitas militer Rwanda di bawah bendera Rwandan Patriotic Front (RPF). Sehingga, eksploitasi sumber daya alam RDK melalui intervensi militer pada Perang Kongo II 1998 merupakan kebijakan yang tepat untuk mencapai kepentingan ekonomi Rwanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 50/19 Per m
Uncontrolled Keywords: Atribut Nasional, Intervensi Militer, Kapabilitas Ekonomi, Kapabilitas Militer, Rwandan Patriotic Front (RPF)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA JULIA PERTIWI, 071511233092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra Hennida, S.IP.,MA., NIDN: '0025107906UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:22
Last Modified: 25 Sep 2019 05:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item