SISTEM SURVEILANS KESEHATAN JAMAAH UMRAH DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS I SURABAYA

BANGUN CAHYO UTOMO, 101514553020 (2019) SISTEM SURVEILANS KESEHATAN JAMAAH UMRAH DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS I SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TEP. 13-19 Uto s ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
TEP. 13-19 Uto s DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
TEP. 13-19 Uto s DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TEP. 13-19 Uto s.pdf
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan jumlah calon jamaah yang melakukan vaksinasi Meningitis Meningococcus dan selalu adanya jamaah umrah yang meninggal dalam penerbangan debarkasi di KKP Kelas I Surabaya pada tahun 2011-2017. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk penyusunan sistem surveilans kesehatan jamaah umrah. Tujuan penelitian ini adalah menyusun sistem surveilans kesehatan jemaah umrah di Kantor Kesehatan Pelabuha n Kelas I Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian actions research yang berupa pengembangan sistem (system development). Penelitian dilakukan dengan analisis sistem di KKP Kelas I Surabaya dengan informan berasal dari KKP Kelas I Surabaya, biro perjalanan, dan maskapai penerbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) KKP Kelas I Surabaya membutuhkan sistem surveilans kesehatan jamaah umrah. Untuk menyusun surveilans ini dibutuhkan beberapa hal, antara lain: a) input (tenaga, data individu terkait kesehatan jamaah umrah, formulir pengumpulan data, prosedur standar/SOP) b) proses (pengumpulan data, pengolahan data, analisis data), dan c) output : saat ini belum ada karena kegiatan surveilans kesehatan jamaah umrah belum dilaksanakan; 2) Sistem surveilans kesehatan jamaah umrah mengadopsi sistem surveilans kesehatan haji. Tetapi surveilans kesehatan jamaah umrah yang disusun belum menggunakan teknologi informasi (aplikasi berbasis web/ android) seperti yang digunakan dalam surveilans kesehatan haji. Sistem kesehatan jamaah umrah yang disusun belum di uji coba. Upaya yang dilakukan untuk perbaikan sistem adalah dengan membuat aplikasi berbasis web/ android untuk memudahkan proses pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data dan dilakuakan uji coba sebelum penerapannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TEP. 13-19 Uto s
Uncontrolled Keywords: sistem surveilans, epidemiologi, kesehatan umrah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA648.5-767 Epidemics. Epidemiology. Quarantine. Disinfection
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
BANGUN CAHYO UTOMO, 101514553020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChatarina U.W.UNSPECIFIED
Thesis advisorWindhu PurnomoUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:38
Last Modified: 25 Sep 2019 05:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item