Ritual Kematian Sebagai Manisfestasi Hubungan dengan Alam Baka

Rustinsyah, NIDN. 0005125804 (2016) Ritual Kematian Sebagai Manisfestasi Hubungan dengan Alam Baka. In: Kematian Dalam Perspektif Antropologi. Airlangga University Press, Surabaya, pp. 1-15. ISBN 978-602-0820-36-1

[img] Text (PEER REVIEW)
3_HASIL VALIDASI PEER REVIEW BUKU RITUAL KEMATIAN.pdf - Draft Version

Download (595kB)
[img] Text (ARTICLE)
3A_Turnitin Ritual Kematian sebagai Manifestasi.pdf

Download (577kB)
[img] Text (SIMILARITY)
3T_Turnitin Ritual Kematian sebagai Manifestasi 14%.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam tulisan ini akan menguraikan tentang ritual kematian sebagai manifestasi hubungan antara kerabat manusia yang hidup dan dunia alam baka. dengan berbagai contoh budaya baik pada masyarakat yang masih sederhana maupun masyarakat yang sudah maju. Proses perjalanan lingkaran hidup manusia atau life-cycle terjadi sejak manusia lahir hingga meninggal yaitu a) kelahiran; b) masa penyapihan, c) masa kanan-kanak, d) masa dewasa; e) masa pubertas, d) masa perkawinan, e) masa lanjut usia; f) kematian. Dalam kematian, beberapa masyarakat ada yang mengakui bahwa setelah meninggal masih ada hubungan kerabat yang masih hidup dan yang meninggal. Namun sebaliknaya bahwa ada sekelompok masyarakat yang percaya bahwa masih ada hubungan antara manusia yang masih hidup dengan dunia alam gaib. Alam baka sebagai tempat yang dianggap kekal bagi orangorang yang telah meninggal. Suatu kepercayaan sebagai bentuk kasih dan pengharapan agar anggota kerabat yang telah meninggal mendapatkan suatu tempat yang layak, kedamaian bagi yang meninggal maka dilakukan ritual kematian. Beberapa masyarakat dan kebudayaan ada yang melakukan ritual kematian hanya sekali namun ada yang berkali-kali sesuai dengan kebudayaan yang dianut. Dalam hal ini upacara kematian didasarkan tema berpikir: a) bahwa peristiwa kematian manusia hanya merupakan suatu proses peralihan ke suatu kehidupan baru di alam baka, atau b) individu yang mati diintegrasikan ke dalam kehidupannya yang baru di antara makhluk halus yang lain di alam baka (Haryono, 2012)

Item Type: Book Section
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rustinsyah, NIDN. 0005125804rustinsyah58@yahoo.com
Depositing User: Tn Slamet Triyono
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:31
Last Modified: 03 Oct 2019 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87541
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item