KONSEKUENSI INDIA SEBAGAI EMERGING POWER: PERSPEKTIF EKONOMI-GEOPOLITIK ENERGI INDO-AFRIKA DIBALIK ASIA-AFRICA GROWTH CORRIDOR

Putu Mia Natasha Malka, 071511233021 (2019) KONSEKUENSI INDIA SEBAGAI EMERGING POWER: PERSPEKTIF EKONOMI-GEOPOLITIK ENERGI INDO-AFRIKA DIBALIK ASIA-AFRICA GROWTH CORRIDOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 59 19 Mal k.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - HI - PUTU MIA NATASHA MALKA 071511233021 - GENAP 1819.pdf

Download (441kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

India telah diakui sebagai negara emerging power dunia sejak perekonomiannya meningkat dan telah menjadi kekuatan tersendiri dalam konstelasi perpolitikan internasional. Kerjasama Asia-Africa Growth Corridor (AAGC) yang diinisiasi India bersama Jepang dan melibatkan kawasan Afrika pada tahun 2016 menjadi fenomena menarik dalam dinamika politik internasional. AAGC yang berada dibawah payung kebijakan “Look East, Act East” India memberikan permasalahan tersendiri, karena kebijakan tersebut berorientasi ke bagian timur India, sedangkan Afrika yang menjadi fokus kerjasama ini secara geografis berada di sebelah barat India. Laporan penelitian ini bertujuan untuk menemukan motif substansial dibalik inisiasi India yang melibatkan kawasan Afrika dalam kerjasama AAGC. Berbeda dengan penelitian-penelitian lainnya yang menggunakan perspektif pertahanan dan keamanan, maka laporan penelitian ini berusaha menjelaskan fenomena melalui grand perspective India sebagai emerging power yang kemudian dilanjutkan melalui perspektif ekonomi dan geopolitik energi. Fenomena ini berusaha dipahami dengan menggunakan konsep emerging power yang memiliki dua konsekuensi, yakni perluasan pasar dan keamanan energi. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan tingkat populasi India lantas mengharuskan India untuk melakukan perluasan pasar dan keamanan energi dengan mengintensifikasikan kerjasama dalam bidang ekonomi maupun energi dengan aktor dependennya, dalam hal ini adalah Afrika. Peneliti menemukan kesesuaian hipotesis dengan realitas yang ada, yakni terdapat kepentingan India untuk mendapatkan akses terhadap perluasan pasar dan keamanan energi di Afrika yang menggunakan jalur koridor laut di Samudera Hindia dibawah kerjasama AAGC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 59/19 Mal k
Uncontrolled Keywords: India, Afrika, Asia-Africa Growth Corridor, emerging power, geopolitik energi, perluasan pasar
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Putu Mia Natasha Malka, 071511233021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Muttaqien,SIP.,MS.Ph.d, NIDN: '0030017302UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Sep 2019 05:34
Last Modified: 26 Sep 2019 05:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item