ANALISIS PERUBAHAN KEBIJAKAN PROLIFERASI NUKLIR KOREA UTARA PADA ERA KIM JONG-UN (2017-2018)

RAFIKA OLIVIA DEVANA, 071511233036 (2019) ANALISIS PERUBAHAN KEBIJAKAN PROLIFERASI NUKLIR KOREA UTARA PADA ERA KIM JONG-UN (2017-2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 69 19 Dev a.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Rafika Olivia Devana_Jurnal_Genap_1819.pdf

Download (289kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan proliferasi nuklir Korea Utara di era kepemimpinan Kim Jong-Un mengalami perubahan yang didasarkan dari munculnya Byongjin Line, yang kemudian berlanjut dengan munculnya Economic Development. Kebijakan- Kebijakan ini mencapai puncak perubahannya pada kurun waktu 2017-2018. Kim Jong-Un pada konteks ini menjadi Chairman pertama Korea Utara yang memperhitungkan Ekonomi sebagai dasar kebijakan nasional dalam bertindak didalam dan diluar negeri. Pada era sebelumnya, Korea Utara cenderung mengutamakan kebijakan pro terhadap proliferasi nuklir yang di prakarsai oleh kebijakanMilitary First Policy ciptaan Kim Jong-Il, hingga kemudian diadaptasikan menjadi Byongjin Linedi tahun 2013. Posisi nuklir telah lama dianggap sebagai pondasi kekuatan negara, yang mana aspek-aspek lain pun dianggap tidak mempengaruhi laju pemerintahan dan penjamin stabilitas negara. Merujuk dari kecenderungan Kim Jong-Un dalam memberikan pengaruh yang mendominasi dibalik penyebab perubahan kebijakan perubahan ini, peneliti kemudian menggunakan Level Analisis Individu untuk menelaah lebih dalam akan sebab-akibat dari terjadinya perubahan kebijakan ini. Dengan menggunakan Neo Analytical Approach, peneliti akan melakukan perbandingan kepribadian antara Kim Jong-Un dan pendahulunya Kim Jong-Il, guna menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi pola pengambilan kebijakan. Kemudian pada sisi eksternal, munculnya situasi perubahan-perubahan pada rezim internasional, pada titik ini cenderung memberikan kesempatan bagi Kim Jong-Un untuk mampu mengembangkan kebijakan Economic Developmentnya. Peneliti dewasa ini menggunakan Social Cognitive Theory dalam mengkaji fenomena-fenomena rezim internasional yang kemudian secara tidak langsung memicu tindakan Kim Jong-Un dalam merubah kebijakan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 69/19 Dev a
Uncontrolled Keywords: Kim Jong-Un, Perubahan Kebijakan, Byongjin Line, Economic Development, Proliferasi Nuklir, Korea Utara
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
RAFIKA OLIVIA DEVANA, 071511233036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Lilik Salamah, M.Si, NIDN: '0007055605UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:44
Last Modified: 26 Sep 2019 06:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item