PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND TRIBALISM, BRAND TRUST, SERTA BRAND RELATIONSHIP TERHADAP BRAND FORGIVENESS DAN BRAND LOYALTY PADA KLUB SEPAKBOLA PERSIK KEDIRI

GUSTAVIAN ACHMAD RIFA’I, 041511233337 (2019) PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND TRIBALISM, BRAND TRUST, SERTA BRAND RELATIONSHIP TERHADAP BRAND FORGIVENESS DAN BRAND LOYALTY PADA KLUB SEPAKBOLA PERSIK KEDIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (75kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 248-19 Rif p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sepak bola adalah salah satu globalisasi paling sukses karena dapat membuat pendukung di seluruh dunia menjadi sangat fanatik. Di Indonesia, sepak bola adalah olahraga paling populer. Persik Kediri adalah salah satu klub sepakbola di Indonesia yang memiliki sejarah besar dalam sepakbola Indonesia. Persik Kediri pernah menjadi klub terbaik di Indonesia dua kali, menjadi juara Liga Indonesia pada tahun 2003 dan 2006 dan sering mewakili Indonesia dalam kompetisi Liga Champions Asia 2004 dan 2007. Namun, sekarang klub ini tidak pernah memperoleh gelar selama kurang lebih 11 tahun dan mengalami penurunan prestasi yang sangat tajam dan hanya berkompetisi di liga 3 terendah di Liga Indonesia. Meski begitu, dukungan penuh dari suporter Persik Kediri sangat fantastis dan mereka tetap fanatik terhadap Persik Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh reputasi Persik, perilaku tribalisme suporter, dan kepercayaan suporter terhadap Persik dapat menciptakan hubungan yang ada antara Persik Kediri dan pendukungnya, sehingga para pendukungnya bersedia memaafkan dan tetap loyal dalam mendukung Persik Kediri. Responden dalam penelitian ini adalah suporter Persik Kediri yang sering mendukung di stadion dan datang mendukung saat pertandingan tandang ketika Persik berlaga di kandang lawan selama di liga 3 tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling). Penelitian ini menggunakan data primer dengan mendistribusikan kuesioner pada periode waktu tertentu yang didistribusikan secara offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi Persik, perilaku tribalisme suporter, dan kepercayaan suporter kepada Persik Kediri berpengaruh positif pada hubungan antara Persik Kediri dan pendukungnya. Selanjutnya, hubungan antara Persik Kediri dengan pendukungnya berpengaruh positif pada brand forgiveness dan brand loyalty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 248/19 Rif p
Uncontrolled Keywords: Persik Kediri, Brand Reputation, Brand Tribalism, Brand Trust, Brand Relationship, Forgiveness Brand, Brand Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
GUSTAVIAN ACHMAD RIFA’I, 041511233337UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTANTI HANDRIANA, NIDN: 0018056905UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:55
Last Modified: 26 Sep 2019 06:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item