PENGARUH BIAYA PENCEGAHAN DALAM BIAYA KUALITAS TERHADAP EFISIENSI BAHAN BAKU DIVISI ANEKA JASA INDUSTRI PT BOMA BISMA INDRA (PERSERO) SURABAYA

NADIA FATHI SARAH, 040113918 (2006) PENGARUH BIAYA PENCEGAHAN DALAM BIAYA KUALITAS TERHADAP EFISIENSI BAHAN BAKU DIVISI ANEKA JASA INDUSTRI PT BOMA BISMA INDRA (PERSERO) SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sarahnadia-3284-a285_06.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sarahnadia-3284-a285_06.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini perusahaan-perusahaan dihadapkan pada persaingan yang amat ketat. Selain dituntut untuk lebih dapat berkompetisi, perusahaan juga harus dan mampu memberikan perhatian pada peningkatan kualitas produknya sehingga perusahaan mampu menghasilkan produk berkualiatas yang bahkan lebih dari pesaingnya untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Dari aktivitas-aktivitas yang perusahaan keluarkan untuk menciptakan dan menjaga produk berkualitas, timbul biaya-biaya kualitas yang dapat dikategorikan menjadi biaya pencegahan dan biaya penilaian yang timbul dari aktivitas pengendalian, dan biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal yang timbul dari aktivitas kegagalan. Dimana dari adanya pangendalian biaya-biaya yang timbul dari aktivitas-aktivitas tersebut akan mengarah pada pencapaian tujuan peningkatan kualitas yang lebih baik, peningkatan kepuasan pelanggan dengan biaya yang lebih kecil, yang berarti terjadinya peningkatan efisiensi dan yang mengakibatkan peningkatan laba. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya kualitas khususnya biaya pencegahan terhadap efisiensi bahan baku dengan menggunakan metode kuantitatif dan memakai data biaya pencegahan dan data hasil analisis varians terhadap penggunaan bahan baku dalam pengujiannya. Dan dari hasil analisis yang dilakukan untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa biaya pencegahan memang mempunyai pengaruh yang positif terhadap efisiensi bahan baku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 285/06 Sar p
Uncontrolled Keywords: QUALITY CONTROL; QUALITY PRODUCTS
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Creators:
CreatorsEmail
NADIA FATHI SARAH, 040113918UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSOEGENG SUTEDJO, Dr., SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 20 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Sep 2016 15:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item