PENERAPAN METODE LEAN DISTRIBUION UNTUK MENGIDENTIFIKASI WASTE MENGGUNAKAN VALSAT PADA PROSES PEMBUANGAN LIMBAH KAYU DI CV. KARYA BERSAMA

ALFIAN HARDIANSYAH, 041611223006 (2019) PENERAPAN METODE LEAN DISTRIBUION UNTUK MENGIDENTIFIKASI WASTE MENGGUNAKAN VALSAT PADA PROSES PEMBUANGAN LIMBAH KAYU DI CV. KARYA BERSAMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep dari lean distribusi sangat diperlukan guna mengelola strategi distribusi yang efektif dan efisien. Permasalahan yang dihadapi CV. Karya Bersama dalam proses distibusi ini sering kali idak sesuai dengan target yang ditentukan sesuai dengan kontrak kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemborosan (waste) dan mengurangi lead time pada system distribusi CV. Karya Bersama. Dengan cara merubah aktivitas yang merupakan pemborosan (waste) menjadi aktivitas yang mendukung nilai tambah bagi perusahaan (VA). Pada penelitian ini menggunakan metode Value Stream Analysis (VALSAT), yang merupakan alat untuk mengurangi pemborosan (waste) dalam proses aktivitas kinerja khususnya aktivitas pemuatan hingga ke pembuangan. Big mapping process dapat memperlihatkan waktu pekerjaan per masing-masing aktivitas pengiriman sampah kayu log, yang diikuti dengan menggunakan metode pertanyaan “why-why” yang berguna untuk mengidentifikasi waste. Dalam penelitian ini, alat VALSAT digunakan untuk memberi rekomendasi pengurangan waste proses yang tidak tepat. Usulan perbaikan menggunakan metode 5W-1H untuk mengurangi lead time dan merubah Non value added activitiy (NVA) menjadi Value added activity (VA), dari jumlah aktivitas operasi 11% menjadi 67%, aktivitas transportasi dari 38% menjadi 17%, aktivitas menunggu dari 45% menjadi 6%, pengurangan lead time dari 351 menit menjadi 216 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 322/19 Har p
Uncontrolled Keywords: Lean Disstribusi, VALSAT, 5W-1H.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ALFIAN HARDIANSYAH, 041611223006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspandam Katias MMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 08:16
Last Modified: 27 Sep 2019 08:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item