PERBANDINGAN USIA MENARCHE DAN UKURAN ANTROPOMETRIS PADA REMAJA PUTRI DI WILAYAH PESISIR DAN PEGUNUNGAN (Studi Perbandingan Tumbuh-Kembang Remaja Putri Di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya dan Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan)

DHIRA HANNA ZAKIYYA, 071511733077 (2019) PERBANDINGAN USIA MENARCHE DAN UKURAN ANTROPOMETRIS PADA REMAJA PUTRI DI WILAYAH PESISIR DAN PEGUNUNGAN (Studi Perbandingan Tumbuh-Kembang Remaja Putri Di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya dan Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS ANT 35 19 Zak p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan geografis dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat tumbuh-kembang remaja yang tinggal di dalamnya. Kecamatan Kenjeran yang terletak di Kota Surabaya merupakan wilayah pesisir yang secara geografis kontras dengan Kecamatan Tosari yang terletak di Kabupaten Pasuruan yang merupakan wilayah pegunungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan tumbuh-kembang remaja putri yang tinggal pada kedua wilayah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data diolah dan dihitung dengan excel dan SPSS versi 25, dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dan uji statistik probit. Hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa remaja putri pada sampel pesisir unggul pada kecepatan reaksi dan tinggi badan di semua kelompok umur, yaitu 10-13 tahun. Sementara itu, remaja putri pada sampel pegunungan unggul pada hand grip di kelompok usia 11 tahun. Pada variabel usia menarche, rata-rata remaja putri sampel pesisir mengalami menarche pada usia 11.592 tahun sedangkan remaja putri pada sampel pegunungan rata-rata mengalamni menarche pada usia 12.148 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 35/19 Zak p
Uncontrolled Keywords: ukuran antropometri, menarche, pesisir, pegunungan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
DHIRA HANNA ZAKIYYA, 071511733077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dra. Myrtati Dyah Artaria., M.A., Ph.D, NIDN: '0030016706UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:05
Last Modified: 18 Dec 2019 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87896
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item