PERBEDAAN PERILAKU SOSIAL dan POLA MEKANISME LOKOMOSI SIAMANG (Symphalangus syndactylus) PADA HABITAT ASLI (hutan Sumatera) dan CAPTIVITY (kandang) di KEBUN BINATANG SURABAYA

Nandang Bayu Giri, 071511733091 (2019) PERBEDAAN PERILAKU SOSIAL dan POLA MEKANISME LOKOMOSI SIAMANG (Symphalangus syndactylus) PADA HABITAT ASLI (hutan Sumatera) dan CAPTIVITY (kandang) di KEBUN BINATANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS ANT 42 19 Gir p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 September 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Siamang merupakan salah satu primata endemik yang mendiami beberapa jenis hutan di Indonesia. Secara klasifikasi siamang termasuk kedalam famili Hylobatidae dengan karateristik morfologinya yang tidak memiliki ekor dan sebagian besar tubuhnya ditutupi bulu hitam yang pekat. Kantong-kantong habitat siamang mayoritas berada pada hutan tropis di kawasan pulau Sumatera, namun dalam perkembangannya kini populasi siamang banyak mengalami penurunan yang cukup drastis sehingga diberlakukan upaya konservasi yang mana dalam penelitian ini adalah jenis konservasi ex situ, kemudian dalam penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana dampak-dampak konservasi ex situ tersebut terhadap beberapa bentuk perilaku sosial dan mekanime lokomosi siamang, selama pengamatan menggunakan metode scan observation dan kemudian beberapa data yang diperoleh selama pengamatan akan dicatat menggunakan hansen checklist lalu dipaparkan secara deskriptif. Hasil dari pengamatan tersebut menunjukan beberapa perbedaan seperti allogroming tidak banyak terjadi pada siamang di Kebun Binatang Surabaya (KBS), agonistik siamang di KBS banyak ditujukan pada pengunjung ketimbang pada siamang lain, siamang di KBS tidak melakukan morning call, dan intensitas parental care siamang di KBS terjadi cukup singkat. Sedangkan pada hal lokomosi siamang di KBS lebih banyak melakukan aktifitas terestrial daripada aktifitas aslinya arboreal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 42/19 Gir p
Uncontrolled Keywords: Siamang, Perilaku, lokomosi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Nandang Bayu Giri, 071511733091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dra. Myrtati Dyah Artaria., M.A., Ph.D, NIDN: '0030016706UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:37
Last Modified: 18 Dec 2019 06:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87909
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item