Fungsi Ruang Temu Coffee sebagai Pemenuhan Kebutuhan Pengunjung (Studi Deskriptif di Kedai Kopi Ruang Temu Coffee, Surabaya)

FAJAR SODIQ, 071511733048 (2019) Fungsi Ruang Temu Coffee sebagai Pemenuhan Kebutuhan Pengunjung (Studi Deskriptif di Kedai Kopi Ruang Temu Coffee, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS ANT 46 19 Sod f.pdf
Restricted to Registered users only until 30 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ruang Temu Coffee merupakan sebuah kedai kopi yang berlokasi di Jalan Raya Tenggilis No 114 H, Surabaya. Dalam pengelolaannya Ruang Temu Coffee menerapkan konsep “kedai kopi spesial” yang merupakan perkembangan kedai kopi yang terjadi sampai saat ini khususnya di daerah perkotaan. Kedai kopi ini menjadi tempat pada ruang publik yang menawarkan sajian kopi yang berkualitas, menyediakan fasilitas yang memadai, serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif untuk mengetahui suatu prilaku dalam situasi yang sebenarnya tanpa rekayasa secara mendalam. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2019 hingga bulan Mei 2019. Penelitian ini menggunakan teori Fungsionalisme oleh Malinowski untuk menganalisis bagaimana pengelolaan Ruang Temu Coffee sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pengunjung. Dalam teorinya, Malinowski berasumsi bahwa suatu serangkaian kegiatan manusia yang dilakukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya yang meliputi kebutuhan biologis, kebutuhan instrumental, dan kebutuhan integratif. Hasil dari penelitian ini adalah fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada pengunjung merupakan bentuk dari pemenuhan kebutuhan biologis yang dapat membantu aktivitas pengunjung, kemudian konsep “kedai kopi spesial” yang diterapkan merupakan bentuk struktur sosial dan norma yang berlaku sebagai terpenuhinya kebutuhan instrumental, dan keterikatan tempat yang terjadi merupakan bentuk dari sistem lambang sebagai terpenuhinya kebutuhan integratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 46/19 Sod f
Uncontrolled Keywords: Kedai Kopi Spesial, Pelayanan, Fungsionalisme
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
FAJAR SODIQ, 071511733048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:18
Last Modified: 18 Dec 2019 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item