ANALISIS PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP KEPATUHAN SYARIAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN NON-BAGI HASIL BERDASARKAN FATWA DSN-MUI DI KOPERASI BAITUL MAAL WA TAMWIL (STUDI KASUS BMT UGT SIDOGIRI CABANG SIDODADI SURABAYA)

NURHAYATI DWI KIRANA SARI, 041311433045 (2019) ANALISIS PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP KEPATUHAN SYARIAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN NON-BAGI HASIL BERDASARKAN FATWA DSN-MUI DI KOPERASI BAITUL MAAL WA TAMWIL (STUDI KASUS BMT UGT SIDOGIRI CABANG SIDODADI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (114kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB.EI 145-19 Sar a.pdf
Restricted to Registered users only until 30 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepatuhan syariah produk pembiayaan bagi hasil dan non bagi hasil bagi UMKM di Koperasi BMT UGT Sidogiri cabang Sidodadi Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi model explanatory design yaitu penelitain kuantitatif yang didukung oleh penelitian kualitatif, Penelitian pertama menggunakan cara survei melalui kuesioner pada 150 anggota Koperasi BMT UGT Sidogiri cabang Sidodadi Surabaya dan kedua dengan wawancara yang dilakukan kepada kepala cabang dan 5 responden anggota Koperasi BMT UGT Sidogiri cabang Sidodadi Surabaya. Teknik sampling data menggunakan purposive sampling. Perhitungan data analisis kuantitaf dilakukan dengan uji chisquare, ANOVA, dan uji Independen t kemudian didukung oleh analisis data kualitatif Model Miles and Huberman. Kepatuhan syariah pada produk pembiayaan bagi hasil dan non-bagi hasil menunjukkan bahwa produk pembiayaan non-bagi hasil memiliki nilai rata-rata kepatuhan syariah lebih tinggi dan signifikan dibandingkan dengan nilai rata-rata kepatuhan syariah pada produk pembiayaan bagi hasil. Akad yang memiliki kepatuhan syariah tertinggi adalah akad murabahah. Selain itu kepala cabang menyatakan bahwa akad-akad pada produk pembiayaan Koperasi BMT UGT Sidogiri cabang Sidodadi Surabaya sudah sesuai berlandaskan Fatwa DSN-MUI dan Dewan Pengawas Syariah dari Koperasi BMT UGT Sidogiri Pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 145/19 Sar a
Uncontrolled Keywords: Sharia Compliance, Financing Product
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
NURHAYATI DWI KIRANA SARI, 041311433045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBAYU ARIE FIANTO, NIDN: 0010028503UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:30
Last Modified: 30 Sep 2019 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item