PERGESERAN PEMBERIAN NAMA ANAK(Studi Deskriptif Pergeseran dan Makna Nama Anak pada Masyarakat Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik)

IKA YUNITA DINAR, 071511733027 (2019) PERGESERAN PEMBERIAN NAMA ANAK(Studi Deskriptif Pergeseran dan Makna Nama Anak pada Masyarakat Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS ANT 65 19 Din p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_IKA YUNITA DINAR_071511733027.PDF.pdf

Download (269kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari masa ke masa nama anak semakin beragam. Dalam memberikan nama anak, orang tua satu dengan yang lain mempunyai pedoman atau standar masing-masing yang melatarbelakangi keputusan dalam memberikan nama untuk anak. Pedoman tersebut antara lain seperti ide dan gagasan, peristiwa, agama, suku bangsa, budaya, pengalaman dan sebagainya. Masalah pada penelitian ini adalah apa makna nama anak dan bagaimana pergeseran nama anak pada masyarakat Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti berusaha mendapatkan data yang utuh yaitu dengan mewawancarai anak dan orang tua sebagaimana orang yang telah memberikan nama. Teori yang digunakan adalah teori simbolik dari Clifford Geertz dan konsep perubahan kebudayaan oleh Wiranata. Hasil penelitian ini adalah nama anak merupakan suatu simbol yang di dalamnya terkandung makna. Makna dari nama yang merupakan simbol yaitu doa dan harapan orang tua sebagaimana orang yang memberikan nama untuk anak. Faktor penting terkait pemberian nama untuk anak yang meliputi: asal-usul nama anak, orang yang memberikan nama, sumber pengetahuan, serta makna nama anak. Selain itu, terdapat ritual menurut budaya Jawa terkait pemberian nama untuk anak yaitu brokohan. Orang tua sebagai orang yang memberikan nama menaruh doa dan harapan di balik nama anak. Pada tahun 1961-2018, nama anaksemakin bervariasi dan cenderung mengalami pergeseran yaitu dari nama dengan unsur Jawa dan unsur Islam (1961) bergeser pada nama anak yang dominan menggunakan nama kombinasi unsur Kebaratan (2018).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 65/19 Din p
Uncontrolled Keywords: Nama Anak, Makna Nama, Variasi Nama Anak
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
IKA YUNITA DINAR, 071511733027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Budi Setiawan, MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:11
Last Modified: 01 Oct 2019 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88004
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item