STRATEGI RASIONAL PELAKU UMKM KULINER DALAM LAYANAN MITRA GO FOOD (STUDI DESKRIPTIF PADA PELAKU UMKM KULINER AYAM GEPREK DI KECAMATAN GUBENG KOTA SURABAYA)

Irsyadul Ibad, 071511733012 (2019) STRATEGI RASIONAL PELAKU UMKM KULINER DALAM LAYANAN MITRA GO FOOD (STUDI DESKRIPTIF PADA PELAKU UMKM KULINER AYAM GEPREK DI KECAMATAN GUBENG KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS ANT 67 19 Iba s.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL IRSYADUL IBAD F.pdf

Download (110kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Strategi Rasional merupakan salah satu upaya pelaku UMKM kuliner memanfaatkan potensi konsumen dalam suatu daerah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi UMKM Kuliner Ayam Geprek dalam meningkatkan penjualan hasil olahan ayam geprek di Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya yang bekerjasama dengan jasa pengantaran dan transportasi berbasis online di Surabaya yaitu GOJEK melalui layanan mitra Go Food. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan pada quality atau hal yang terpenting dibalik sebuah kejadian atau fenomena yang dapat dijadikan pelajaran berharga bagi suatu pengembangan ilmu pengetahuan. Teori yang digunakan adalah teori ekonomi rasional oleh Popkin yang beranggapan bahwa manusia adalah homoeconomicus atau pelaku yang rasional, yang selalu melakukan perhitungan yang terus-menerus, memperhitungkan situasi yang dia hadapi dapat meningkatkan kehidupan kesejahteraanya atau paling tidak mempertahankan tingkat kehidupan yang tengah dinikmatinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM Ayam Geprek diantaranya pemasaran, modal usaha, sarana dan prasarana. Oleh karena itu pelaku UMKM kuliner ayam geprek menerapkan strategi rasional dalam mengatasi kendala tersebut, melalui strategi mengatasi modal, pelayanan, penjualan, pengadaan barang, ketenagakerjaan dan pemasaran. Perubahan yang dapat dirasakan oleh pelaku UMKM kuliner Ayam Geprek yaitu meningkatnya penjualan, sebelum bergabung sebagai mitra Go Food penjualan stagnan dan tidak mengalami perubahan yang drastis, setelah kerjasama dengan GOJEK dengan layanan Go Food pemasaran lebih luas tidak hanya konsumen di sekitar usaha tetapi masyarakat luas bisa mengetahuinya. Sehingga pelaku UMKM ayam geprek lebih sejahtera dengan bergabung layanan mitra Go Food.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 67 19 Iba s
Uncontrolled Keywords: Layanan Go Food, Strategi Rasional, UMKM Ayam Geprek
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Creators:
CreatorsNIM
Irsyadul Ibad, 071511733012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Rustinsyah, Dra., M.Si.., NIDN: '0005125804UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:57
Last Modified: 01 Oct 2019 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item