KOMITMEN PARTAI KEBANGKITAN BANGSA SEBAGAI PARTAI HIJAU: STUDI KASUS PARTAI KEBANGKITAN BANGSA DEWAN PERWAKILAN CABANG KOTA SURABAYA

Safira Rafidah Rahmah, 071511333093 (2019) KOMITMEN PARTAI KEBANGKITAN BANGSA SEBAGAI PARTAI HIJAU: STUDI KASUS PARTAI KEBANGKITAN BANGSA DEWAN PERWAKILAN CABANG KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 39 19 Rah k.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Skripsi Bismillah revisi.pdf

Download (204kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian kali ini akan membahas mengenai kepedulian dan komitmen partai hijau yang peduli lingkungan. Partai hijau merupakan hasil ketidakpuasan masyarakat terhadap partai konservatif lama yang jarang mengutamakan kepentingan lingkungan, artinya partai hijau ini berperan untuk ikut serta memperjuangkan isu lingkungan hidup ke dalam kebijakan publik Di indonesia hingga sampai saat ini masih satu partai politik yang telah mendeklarasikan diri sebagai partai hijau yang peduli lingkungan yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Terdapat tiga karakteristik dan prasayarat untuk membuktikan kepedulian partai hijau terhadap lingkungan, yaitu pertama prinsip keselamatan, PKB harus mempunyai aturan ketat dalam urusan regulasi terkait lingkungan hidup, kedua prinsip HAM yaitu PKB sebagai partai hijau harus mengutamakan pendekatan hak asasi manusia dan ketiga prinsip komunitas, dimana PKB harus berbasis komunitas. Pasalnya permasalahan lingkungan yang saat ini terjadi dapat dipahami tidak terjadi dengan sendirinya terdapat faktor politik yang mempengaruhi. Pandangan PKB terhadap lingkungan hidup di Kota Surabaya tertuang dalam proses pengawalan program dan kebijakan penanggulangan bencana alam serta membangun kesadaran masyarakat untuk lebih peduli lingkungan melalui perubahan pola perilaku. Sedangkan untuk membuktikan partai PKB ini sebagai partai hijau yang pedui lingkungan dapat dilihat dari kinerja yang telah diambil untuk memperjuangkan isu lingkungan, diantara lain program Ecopesantren, Jambanisasi, Biopori dan Pengurangan sampah plastik. Penelitian kualitiatif ini juga akan menilai sejauh mana komitmen daripada partai PKB sebagai partai hijau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 39/19 Rah k
Uncontrolled Keywords: Partai Hijau, Partai Kebangkitan Bangsa, Politik Lingkungan
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Safira Rafidah Rahmah, 071511333093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUcu Martanto, S.IP., M.A., NIDN: '0027037904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:50
Last Modified: 01 Oct 2019 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item