KAMPANYE PERBURUHAN DAN PEMILU LEGISLATIF: STUDI KASUS EFEKTIVITAS PERLUASAN ISU PEKERJA OLEH FSPMI JAWA TIMUR DPC SIDOARJO MELALUI PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2019

ACHMAD FEBIAN, 071511333054 (2019) KAMPANYE PERBURUHAN DAN PEMILU LEGISLATIF: STUDI KASUS EFEKTIVITAS PERLUASAN ISU PEKERJA OLEH FSPMI JAWA TIMUR DPC SIDOARJO MELALUI PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 40 19 Feb k.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL ACHMAD FEBIAN 071511333054.pdf

Download (212kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

sebagai serikat pekerja untuk memperjuangkan agar buruh mampu menjadi bagian dari perpolitikan tanah air yang berpengaruh dengan mengirimkan representasinya di jajaran. Salah satu upayanya yakni dengan menjalin aliansi dengan partai besar yang sudah ada. Disamping tujuan tersebut ada beberapa keuntungan seperti buruh ditampilkan dalam kancah perpolitikan tanah air dengan diadvokasinya beberapa kepentingan buruh pra kontestasi dan diberinya slot sebaga calon legislatif. Uniknya aktor politik hanya memusatkan perhatian terhadap buruh ketika memasuki momen politik. Karena nyatanya perjuangan buruh di luar politik hanya samar terdengar. Disinilah efektivitas strategi buruh untuk mendapat kursi legislatif dan merepresentasi buruh dengan kesepakatan politik menjadi pertanyaan. Mengingat beberapa dampak negatif pun bermunculan dengan menganggap buruh hanya sebagai gerakan politis, hingga memicu narasi dari aktor politik bahkan publik terkait arah pergerakan buruh yang mulai tidak se-arah akibat kesepakatan politik. Kasus ini dianalisis dengan teori kampanye serta teori strategi politik guna mengetahui bagimana strategi FSPMI Jatim DPC Sidoarjo selaku serikat pekerja menjalin hubungan dengan rekan politiknya. Menggunakana metode penelitian kualitatif secara deskriptif menggunakan data primer dari hasil wawancara langsung terhadap pelaku khususnya pimpinan serikat pekerja. Setelah mengkaji dan menganalisis melalui teori yang digunakan serikat pekerja memang mendapat atensi lebih dari para aktor politik. Namun berdasarkan analisa dari beberapa aspek seperti hitoris dan empiris, buruh hanya dijadikan sebagai platform komoditi demi kepentingan partai pengusung buruh untuk mendapatkan eperhatian serta dukungan publik khususnya kaum buruh marginal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 40/19 Feb k
Uncontrolled Keywords: gerakan sosial, politik buruh, caleg buruh, FSPMI Jawa Timur.
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD FEBIAN, 071511333054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. AriBowo, MS, NIDN: '0001085804UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:55
Last Modified: 01 Oct 2019 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item