EFEKTIVITAS ESSENTIAL OIL KULIT CITRUS LIMON L. SEBAGAI MEDIKASI TRAUMATIC ULCER MUKOSA MULUT TIKUS DIABETIK TERHADAP EKSPRESI VEGF DAN CD-31 DALAM PENYEMBUHAN LUKA

Nurina Febriyanti Ayuningtyas, 021618026307 (2019) EFEKTIVITAS ESSENTIAL OIL KULIT CITRUS LIMON L. SEBAGAI MEDIKASI TRAUMATIC ULCER MUKOSA MULUT TIKUS DIABETIK TERHADAP EKSPRESI VEGF DAN CD-31 DALAM PENYEMBUHAN LUKA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
PPDGS.IPM. 08-19 Ayu e ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
PPDGS.IPM. 08-19 Ayu e DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
PPDGS.IPM. 08-19 Ayu e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PPDGS.IPM. 08-19 Ayu e.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Dalam bidang penyakit mulut, ulser adalah kelainan yang paling sering dijumpai pada mukosa rongga mulut. Ulserasi diabetes merupakan penyembuhan luka yang tertunda dan merupakan salah satu yang paling serius dalam komplikasi terkait diabetes. Mikroangiopati bisa memainkan peran penting dalam patogenesis kerusakan jaringan pada ulserasi diabetik. Akhir-akhir ini terdapat kenaikan penggunaan terapi alternatif dan senyawa alami dalam penyembuhan luka. D-limonene, salah satu senyawa utama dalam minyak esensial Citrus limon dipertimbangkan memiliki peran antioksidan, hipoglikemik dan antiinflamasi. Namun, mekanisme yang tepat dari proses ini belum jelas diketahui. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi jeruk limon sebagai medikasi ulserasi diabetik. Pembahasan: Neovaskulogenesis sangat penting untuk penyembuhan luka. Prosesnya akan terganggu pada penderita diabetes, yang berakibat pada tertundanya penyembuhan luka. Neovaskularisasi terjadi di lokasi luka melalui proses angiogenesis dan vaskulogenesis. Etiologi dari penyakit vaskular kronis seperti diabetes termasuk adanya kumpulan sel hipoksia. Hipoksia terkait dengan induksi vascular endothelium growth factor (VEGF) dan CD-31. VEGF utamanya berhubungan dengan angiogenesis dan permeabilitas vaskular, tetapi jumlahnya menurun pada luka diabetes. CD31 adalah glikoprotein transmembran yang mayoritas diekspresikan pada endotelium, sebagai marker yang umum digunakan untuk mengukur angiogenesis dengan perhitungan Microvascular Density (MVD). Aplikasi essential oil Citrus limon meningkatkan pembentukan pembuluh darah yang dimediasi peningkatan VEGF melalui peningkatan jumlah makrofag. VEGF akan meningkatkan respon penyembuhan pada luka diabetik melalui kemotaksis dan angiogenesis serta memperbaiki fungsi endotelial baik dalam konduksi persyarafan maupun oksigenasi jaringan yang berakhir pada percepatan kesembuhan ulcer. Hal tersebut sesuai dengan terjadinya peningkatan pembentukan pembuluh darah baru yang ditunjukkan dengan meningkatnya ekspresi CD-31. Kesimpulan: Citrus limon efektif dan aman sebagai medikasi ulserasi diabetik, menjadi senyawa yang menjanjikan untuk menjadi agen penyembuhan dengan meningkatkan jumlah dan mengaktivasi makrofag mengarah pada peningkatan VEGF dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.IPM. 08-19 Ayu e
Uncontrolled Keywords: mikroangiopati, neovaskulogenesis, ulserasi diabetes, VEGF, Citrus limon
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Oral Medicine
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nurina Febriyanti Ayuningtyas, 021618026307UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDIAH SAVITRI ERNAWATI, NIDN: '0029046007UNSPECIFIED
ContributorHENING TUTI, H, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:17
Last Modified: 01 Oct 2019 05:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88034
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item