Gerakan Lingkar Ganja Nusantara dalam Usaha Mengubah Kebijakan UU No 35 Tahun 2009 Terkait Narkotika Melalui Ruang Publik Masyarakat

Namus Akbar Nasution, 071511333068 (2019) Gerakan Lingkar Ganja Nusantara dalam Usaha Mengubah Kebijakan UU No 35 Tahun 2009 Terkait Narkotika Melalui Ruang Publik Masyarakat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ASBSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 48 19 Nas g.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
jurnal skripsi Namus Nasution fix (untuk burning cd).pdf

Download (201kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gerakan sosial Lingkar Ganja Nusantara dalam usahanya untuk melegalisasi ganja sebagai keperluan medis. Gerakan ini tercipta karena adanya pro dan kontra terkait tanaman ganja yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan perspektif Jurgen Habermas dimana berpusat kepada masalah ruang publik masyarakat. Dalam hal ini, tujuan dari penelitian terkait dengan gerakan ini lebih terfokus pada penggunaan ruang publik sebagai media utama dalam pergerakan LGN. Dalam tulisan ini ditemukan bahwa tanaman ganja juga memiliki berbagai manfaat, salah satunya sebagai keperluan medis. Undang- Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika masih belum sepenuhnya relevan terkait dengan peletakan golongan tanaman ganja di dalam golongan I narkotika. Undang-Undang tersebut juga masih memiliki beberapa kelemahan, diantaranya masih terlalu banyaknya pasal karet, multitafsir pasal yang terkadang masih membingungkan beberapa pihak. Hal yang menjadi fokus dalam beberapa problematika terkait tanaman ganja yaitu dikarenakan Indonesia masih belum memiliki riset secara ilmiah terkait dengan tanaman ganja, sehingga hal ini masih menimbulkan gejolak atau perbedaan perspektif sebagian masyarakat terhadap ganja. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk menjelaskan dan menggambarkan suatu fenomena.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 48/19 Nas g
Uncontrolled Keywords: gerakan sosial, ruang publik, medis, kebijakan, ganja.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Namus Akbar Nasution, 071511333068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDrs. AriBowo, MS, NIDN: '0001085804UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88048
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item