Mekanisme Pemungutan Serta Perlakuan Akuntansi Atas Pajak Kendaraan Bermotor Di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Surabaya Utara

Carissa Ayu Fitria (2019) Mekanisme Pemungutan Serta Perlakuan Akuntansi Atas Pajak Kendaraan Bermotor Di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Surabaya Utara. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV.A.63-19 FIT M.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV.A.63-19 FIT M.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV.A.63-19 FIT M.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FV.A.63-19 FIT M.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan dari hasil pengamatan yang diperoleh selama kegiatan pelaksanaan praktik kerja lapangan pada UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Surabaya Utara mengenai mekanisme pemungutan serta perlakuan akuntansi atas Pajak Kendaraan Bermotor. Maka dapat diambil simpulan bahwa UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Surabaya Utara telah melaksanakan mekanisme pemungutan mulai dari proses pendaftaran, penetapan, pendataan, penagihan, dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan sebagaimana mestinya. Dalam proses-proses tersebut telah dilakukan dengan adanya bantuan dari petugas yang berwenang melalu kegiatan Dinas Luar (DL) maupun Operasi Gabungan secara rutin setiap bulan bekerja sama dengan PT. Jasa Raharja (Persero) dan Polisi Sektor setempat. Selain itu, dalam proses pendataan dan penagihan mengenai surat-surat yang diberikan kepada Wajib Pajak seperti SPKPKB, SPSOPKB, NPP, NTP, SP1, SP2 dan Surat Paksa telah menggunakan aplikasi terkomputerisasi yang berupa Aplikasi SIAPP yang merupakan aplikasi yang dibuat oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut cukup penting jika dibandingkan dengan proses manual dalam menghemat waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan. Di samping itu juga untuk menghindari adanya manipulasi data, human error, atau kecurangan dalam memproses data Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB.KK-2.FV.A.63/19 Fit m
Uncontrolled Keywords: Akuntansi, pajak, kendaraan bermotor
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Carissa Ayu FitriaNIM151610613099
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZaenal FananiNIDN0020057906
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Feb 2020 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item