STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN KHOFIFAH INDAR PARAWANSA-EMIL ELESTIANTO DARDAK PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR 2018

Ranny Winda Kartika Sari, 071411331058 (2019) STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN KHOFIFAH INDAR PARAWANSA-EMIL ELESTIANTO DARDAK PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 55 19 Sar s.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL__Ranny Winda Kartika Sari_Nim_071411331058.pdf

Download (262kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran politik yang digunakan oleh pasangan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim 2018. Khofifah-Emil dengan elektabilitas pada awal pilgub Jatim lebih rendah dari lawanya yang merupakan incumben mampu menaikan elektabilitas terus menerus sampai memenagkan Pilgub Jatim hal ini disebabkan cara pemasaran politik yang berkualitas untuk itu penting untuk dilakukan penelitian mendalam bagaimana strategi pemasaran Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif deskripsi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pasangan Khofifah-Emil bersama tim sukses melakukan segmentasi pasar jawa timur berdasarkan segi wilayah ada segmentasi wilayah Tapal Kuda, Madura, Arek, Mataraman, Mataraman Pesisir dari segi wilayah besar lalu ada pembagian segmen wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur, setiap kabupaten kota memiliki karakter dan ciri khas masing-masing yang nantinya akan terbentuk segmentasi berdasarkan pekerjaan, usia, gender, sosial budaya, sebab akibat memilih apakah rasional, sosiologis, psikologis. Targeting 68% kemenangan segmen yang ditarget adalah segmen perempuan, segmen milenial, segmen kyai kultural dan pesantren, segmen-segmen berdasarkan pekerjaan, segmen rasional, segmen etinis. Positioning yang dibagun oleh Khofifah-Emil sesuai dengan kebutuhan karakter pemimpin Jawa Timur menurut masyarakat. Produk politik ada visi-misi, program Nawa Bakti Satya, menunjukkan kontribusi dan prestasi kepemimpinan sebelumnya, dan personal karakter Khofifah-Emil. Cara pemasaran ada pemasaran langsung menyapa masyarakat, mengadakan kampanye akbar, penggunaan sosial media dan surat kabar, brosur, kaos dan mengunakan kekuatan publik figur dan kyai untuk mendapatkan dukungan masyarakat Jawa Timur. Tempat-tempat pemasaran sesuai dengan segmen yang ditarget bisa mendapatkan program pemasaran ditempat mana saja. Harga ekonomi yang harus dikeluarkan oleh Khofifah-Emil dan harga psikologis apakah pemilih Jawa Timur merasa nyaman dengan agama dan etnis Khofifah-Emil. Khofifah-Emil, tim pemenangan dan relawan mampu untuk mengelola sumber daya yang dimiliki dan membuat pemasaran politik yang unggul, efektif dan mengantarkan pada kemenangan Pilgub Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 55/19 Sar s
Uncontrolled Keywords: pemasaran, politik, strategi, pemilihan gubernur
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Ranny Winda Kartika Sari, 071411331058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAirlangga Pribadi Kusman, NIDN0030117603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 07:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88061
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item