KINERJA MUSLIMAT NU JAWA TIMUR DALAM STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN KHOFIFAH INDAR PARAWANSA–EMIL ELESTIANTO DARDAK PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR 2018

FATIKH FAUZAL ADHIM, 071511333060 (2019) KINERJA MUSLIMAT NU JAWA TIMUR DALAM STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN KHOFIFAH INDAR PARAWANSA–EMIL ELESTIANTO DARDAK PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR 2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 61 19 Adh k.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (415kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam suatu kontestasi pemilihan kepala daerah selain peranan partai politik, tentu juga melibatkan peranan kelompok ataupun organisasi masyarakat. Kelompok atau organisasi masyarakat memiliki modal yang strategis dalam memenangkan suatu calon. Seperti jumlah massa yang besar, solidaritas antar sesama anggota dan hubungan hirarkis dari tingkat atas hingga bawah yang terorganisir. Modal itulah yang bisa dimanfaatkan oleh pasangan calon kepala daerah agar memperoleh dukungan suara sebanyak-banyaknya. Seperti halnya dalam fenomena Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Muslimat NU adalah salah satu organisasi yang terlibat secara aktif dalam mendukung dan memenangkan salah satu pasangan calon yakni Khofifah-Emil. Kemenangan Khofifah-Emil dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 ini tidak dapat dilepaskan dari keterkaitan dan keterlibatan Muslimat NU sebagai organisasi otonom NU yang mendukung Khofifah-Emil. Muslimat NU secara langsung terlibat dalam strategi pemenangan hingga berbuah kemenangan bagi pasangan Khofifah-Emil. Dukungan dan stretegi politik tersebut secara komprehensif menjadi faktor penentu kemenangan. Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana Muslimat NU berperan dalam proses strategi pemenagan pasangan Khofifah-Emil hingga membuahkan kemenangan bagi pasangan calon tersebut. Penelitian kualitatif ini mencoba menjelaskan keselurahan arah dukungan dan strategi pemenangan Khofifah-Emil yang dijalankan oleh Muslimat NU di Wilayah Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 61/19 Adh k
Uncontrolled Keywords: strategi pemenangan, Muslimat NU, dukungan, massa, kemenangan
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
FATIKH FAUZAL ADHIM, 071511333060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAirlangga Pribadi Kusman, NIDN0030117603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 08:02
Last Modified: 01 Oct 2019 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item