STUDI KOMPARASI ETIKA DALAM BERBISNIS FASHION MUSLIM SECARA ONLINE DAN OFFLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM

NISRINA KUSUMAWARDHANI, 041511433172 (2019) STUDI KOMPARASI ETIKA DALAM BERBISNIS FASHION MUSLIM SECARA ONLINE DAN OFFLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB.EI 177-19 Kus s.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang membuat bentuk jual beli tidak hanya secara offline melainkan juga secara online, kegiatan tersebut memiliki perbedaan dalam hal sarana yang digunakan yaitu media komunikasi dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan etika berbisnis pelaku usaha fashion muslim berbasis online dan offline untuk ditinjau dari sudut pandang Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang bersifat deskriptif komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan dokumen terhadap lima informan pelaku usaha fashion muslim yang menjalankan kegiatan usahanya secara online dan offline. Teknik analisis yang dilakukan adalan penjelasan pada setiap informan. Hasil yang diperoleh bahwa etika berbisnis yang dilakukan baik secara online maupun offline oleh pelaku usaha fashion muslim menunjukkan cara mereka dalam menjalankan bisnis. Etika-etika tersebut kemudian diklasifikasikan dan dijelaskan dalam teori aksioma lima prinsip dasar etika Islam dalam berbisnis menurut Beekun yaitu : Prinsip Unity, Prinsip Equilibrium, Prinsip Free Will, Prinsip Responsibility, Prinsip Benevolence. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penyusunan standart yang menjadi acuan dalam penerapan etika bisnis Islam khususnya bidang fashion muslim, meliputi standart etika dalam bisnis yang dijalankan baik secara online maupun offline

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 177/19 Kus s
Uncontrolled Keywords: business ethic, Islamic business ethic, online business, offline business
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
NISRINA KUSUMAWARDHANI, 041511433172UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSITI INAYATUL FAIZAH, NIDN: 0012055401UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Oct 2019 05:10
Last Modified: 02 Oct 2019 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88140
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item