MODEL KAUSAL PRASANGKA ETNIS PADA ANAK DI INDONESIA TERHADAP ETNIS TIONGHOA

DYAN EVITA SANTI, 111217127302 (2019) MODEL KAUSAL PRASANGKA ETNIS PADA ANAK DI INDONESIA TERHADAP ETNIS TIONGHOA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Dis. Psi. 08-19 San m ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Dis. Psi. 08-19 San m DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Dis. Psi. 08-19 San m DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Dis. Psi. 08-19 San m.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model kausal prasangka etnis pada anak-anak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model kausal prasangka etnis pada anak-anak dapat dibangun melalui sosialisasi etnis dari orang tua, sosialisasi etnis dari teman sebaya, iklim sekolah, identitas etnis, favoritisme pada ingroup, harga diri dan kontak antarkelompok, melalui model yang terintegratif. Hasil analisa SEM menunjukkan bahwa model awal yang diajukan belum memenuhi kriteria sebagai model yang FIT. Setelah dilakukan modifikasi model akhirnya didapat model yang sesuai dengan kriteria goodness of fit. Berdasarkan model akhir dapat disimpulkan bahwa prasangka etnis anak di Indonesia pada penelitian ini berkembang melalui variabel-variabel sosialisasi etnis dari orang tua iklim sekolah, kontak antarkelompok, identitas etnis dan harga diri. Sementara itu variabel sosialisasi etnis dari teman sebaya dan favoritisme pada ingroup tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain mendapatkan model yang fit, penelitian ini juga menjawab beberapa hipotesis yaitu : ada pengaruh searah sosialisasi etnis dari orang tua terhadap prasangka etnis pada anak; tidak ada pengaruh sosialisasi etnis dari teman sebaya terhadap prasangka etnis anak; ada pengaruh searah iklim sekolah terhadap prasangka etnis pada anak; ada pengaruh searah identitas etnis terhadap prasangka etnis pada anak; tidak ada pengaruh favoritisme pada ingroup terhadap prasangka etnis pada anak; ada pengaruh searah harga diri terhadap prasangka etnis anak; ada pengaruh kontak antar kelompok terhadap prasangka etnis pada anak; tidak ada pengaruh sosialisasi orang tua terhadap identitas etnis. Selain itu penelitian ini juga mendapatkan hasil: ada pengaruh searah harga diri terhadap identitas etnis; ada pengaruh searah sosialisasi etnis teman sebaya terhadap identitas etnis; sosialisasi etnis teman sebaya berpengaruh secara tidak langsung terhadap prasangka etnis melalui identitas etnis; harga diri juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap prasangka etnis melalui identitas etnis. Hasil penelitian ini juga membawa implikasi secara teoritis terhadap konsep-konsep prasangka etnis anak yang sudah ada selama ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk pengembangan intervensi-intervensi guna mengeliminir perkembangan prasangka etnis pada masa kanak-kanak. Selain itu penelitian ini juga dapat menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan-kebijakan yang terkait dengan hubungan antarkelompok mengingat Indonesia adalah negara yang multikultural.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. Psi. 08-19 San m
Uncontrolled Keywords: model integratif, prasangka etnis, anak Indonesia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DYAN EVITA SANTI, 111217127302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSURYANTO, NIDN: '0022016503UNSPECIFIED
Thesis advisorM.G. Bagus Ani PutraUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Oct 2019 01:42
Last Modified: 07 Oct 2019 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item