RELASI ANTAR ELITE DALAM PERTAMBANGAN ILLEGAL (STUDI TENTANG PENAMBANGAN PASIR ILLEGAL DI DESA BANJARSARI KECAMATAN TRUCUK BOJONEGORO)

Aditya Rajendra Hidayat, 071411331016 (2019) RELASI ANTAR ELITE DALAM PERTAMBANGAN ILLEGAL (STUDI TENTANG PENAMBANGAN PASIR ILLEGAL DI DESA BANJARSARI KECAMATAN TRUCUK BOJONEGORO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 70 19 Hid r.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Aditya R H.pdf

Download (121kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertambangan merupakan suatu usaha yang bertujuan untuk melancarkan pembangunan nasional secara berkesinambungan. Pada dasarnya yang sangat berpengaruh pada pertambangan adalah relasi antar elitenya. Relasi tersebut melibatkan antara pemilik usaha pertambangan dengan pemerintah yang memiliki wewenang khusus untuk mengatur dan mengelola negara. Seperti halnya relasi yang dilakukan oleh Elite Desa Banjarsari dengan Elite Tambang Illegal Desa Banjarsari yang menjalin relasi untuk memanfaatkan sumber daya alam secara illegal. Dampak dari relasi tersebut menyebabkan kerugian di Desa Banjarsari. Kerugian yang dialami Desa Banjarsari adalah jalan desa rusak, udara yang tercemar polusi dan tanah sekitar lokasi penambangan mengalami longsor hingga menyebabkan rumah warga terancam hilang. Kerugian-kerugian tersebut menyebabkan ketidaknyamanan bagi masyarakat desa yang setiap harinya beraktifitas di desa. Meskipun begitu masih ada sebagian masyarakat yang setuju dengan adanya kegiatan penambangan ilegal karena penambangan tersebut merupakan mata pencaharian mereka. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teori Elite Strategis Suzzane Keller agar dalam mendapatkan data hingga menjabarkan data lebih mudah dan sinkron dengan realita yang terjadi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dalam penambangan illegal di Desa Banjarsari terdapat sejumlah aktor-aktor pemerintahan yang terlibat mulai dari BLH hingga DPRD serta korporasi tambang daerah. Aktor-aktor tersebut saling menjalin relasi satu sama lain untuk mendapatkan kompensasi berupa komisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 70/19 Hid r
Uncontrolled Keywords: Pertambangan Pasir Illegal, Relasi Antar Elit Pertambangan Illegal
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Aditya Rajendra Hidayat, 071411331016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUcu Martanto, S. IP., M.A., NIDN: '0027037904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:38
Last Modified: 07 Oct 2019 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88308
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item