ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg), TEMBAGA (Cu) DAN KROMIUM (Cr) PADA KERANG HIJAU(Perna viridis) DI PANTAI MUNCAR, KABUPATEN BANYUWANGI DAN MUARA SUNGAI DI UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK

ANDRIAN DWI WIBISONO, 081511133012 (2019) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg), TEMBAGA (Cu) DAN KROMIUM (Cr) PADA KERANG HIJAU(Perna viridis) DI PANTAI MUNCAR, KABUPATEN BANYUWANGI DAN MUARA SUNGAI DI UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
8. ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST.TL 23-19 Wib a.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2022.

Download (945kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat Hg, Cu dan Cr pada daging kerang hijau (Perna viridis) di pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi dan muara sungai di Ujungpangkah Kabupaten Gresik, mengetahui apakah ada beda kandungan logam berat pada daging kerang hijau (Perna viridis) di pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi dan muara sungai di Ujungpangkah Kabupaten Gresik dan mengetahui kelayakan konsumsi daging kerang hijau (Perna viridis) pada logam berat Hg, Cu dan Cr di pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi dan muara sungai di Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Analisis data yang dilakukan terdiri dua macam yaitu analisis deskriptif yang disajikan dengan tabel dan grafik dan analisis statistik dengan uji independent sample t-test. Hasil kandungan logam berat Hg, Cu dan Cr pada daging kerang hijau (Perna viridis) di pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi adalah 0,02 ; 2,03 ; 1,49 ppm. Kandungan logam berat Hg, Cu dan Cr pada daging kerang hijau (Perna viridis) di muara sungai di Ujungpangkah Kabupaten Gresik adalah 0,16 ; 4,42 ; 2,85. Hasil analisis statisti dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa ada beda signifikan kandungan logam berat Hg, Cu dan Cr pada daging kerang hijau (Perna viridis) di pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi dan muara sungai di Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Daging kerang hijau (Perna viridis) di pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi dan muara sungai di Ujungpangkah Kabupaten Gresik tidak layak untuk dikonsumsi karena telah melebihi standar Provisional Tolerable Weekly Intake (PTWI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.TL 23/19 Wib a
Uncontrolled Keywords: heavy metal, Green Mussels (Perna viridis), Muncar beach, estuary of ujungpangkah
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783-812.5 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIAN DWI WIBISONO, 081511133012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgoes Soegianto, NIDN: 0003086204UNSPECIFIED
Thesis advisorTRISNADI WIDYALEKSONO C P, NIDN: 0015126305UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:17
Last Modified: 07 Oct 2019 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88369
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item