ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg), TEMBAGA (Cu), DAN KROMIUM (Cr) PADA KERANG DARAH (Anadara granosa L.) DI PANTAI LEKOK KABUPATEN PASURUAN DAN PANTAI MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI

DESI AINA NUR FADILA, 081511133025 (2019) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg), TEMBAGA (Cu), DAN KROMIUM (Cr) PADA KERANG DARAH (Anadara granosa L.) DI PANTAI LEKOK KABUPATEN PASURUAN DAN PANTAI MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST.TL 27-19 Fad a.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat merkuri (Hg), tembaga (Cu), dan kromium (Cr) pada daging kerang darah (Anadara Granosa L.) di pantai Lekok Kabupaten Pasuruan dan pantai Muncar Kabupaten Banyuwangi. Mengetahui perbedaan kandungan logam berat merkuri (Hg), tembaga (Cu), dan kromium (Cr) pada daging kerang darah (Anadara Granosa L.) antara pantai Lekok dan pantai Muncar. Mengetahui kelayakan kerang darah (Anadara granosa L.) di pantai Lekok dan pantai Muncar untuk dikonsumsi berdasarkan kandungan logam berat dalam dagingnya. Analisis data terdiri dua macam, yaitu analisis deskriptif yang disajikan dengan tabel dan grafik serta analisis statistik dengan uji Independent T-Test. Hasil pada penelitian ini adalah kandungan logam berat Hg pada daging kerang darah (Anadara Granosa L.) di pantai Lekok dan Muncar masing-masing 0,1 ppm dan 0,07 ppm. Kandungan logam berat Cu pada daging kerang darah (Anadara Granosa L.) di pantai Lekok dan pantai Muncar masing-masing 4,62 ppm dan 2,49 ppm. Kandungan logam berat Cr pada daging kerang darah (Anadara Granosa L.) di pantai Lekok dan pantai Muncar masing-masing 3,68 ppm dan 2,22 ppm. Ada beda kandungan logam berat merkuri (Hg), tembaga (Cu), dan kromium (Cr) pada daging kerang darah (Anadara Granosa L.) antara pantai Lekok dan pantai Muncar. Daging kerang darah (Anadara granosa L.) pada pantai Lekok dan pantai Muncar tidak layak untuk dikonsumsi karena melebihi standar PTWI (Provisional Tolerable Weekly Intake) yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.TL 27/19 Fad a
Uncontrolled Keywords: Blood clams (Anadara granosa L.), Chromium (Cr), Copper (Cu), Mercury (Hg), PTWI (Provisional Tolerable Weekly Intake)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783-812.5 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
DESI AINA NUR FADILA, 081511133025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRISNADI WIDYALEKSONO C P, NIDN: 0015126305UNSPECIFIED
Thesis advisorAgoes Soegianto, NIDN: 0003086204UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:16
Last Modified: 07 Oct 2019 07:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item