APLIKASI EKSTRAK PIGMEN FUKOSANTIN DARI Sargassum sp. TERHADAP KUALITAS FISIK SEDIAAN PEWARNA PIPI (BLUSHER) = APPLICATION OF FUCOXANTHIN PIGMENT EXTRACT FROM Sargassum sp. ON THE PHYSICAL QUALITY OF BLUSHER PREPARATION

DESSY NURAINI, 141511233007 (2019) APLIKASI EKSTRAK PIGMEN FUKOSANTIN DARI Sargassum sp. TERHADAP KUALITAS FISIK SEDIAAN PEWARNA PIPI (BLUSHER) = APPLICATION OF FUCOXANTHIN PIGMENT EXTRACT FROM Sargassum sp. ON THE PHYSICAL QUALITY OF BLUSHER PREPARATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.225-19 Nur a ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.225-19 Nur a DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.225-19 Nur a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.225-19 Nur a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sargassum sp. merupakan alga cokelat (Phaeophyta) yang memiliki senyawa bioaktif yang bermanfaat. Fukosantin merupakan pigmen karotenoid dari alga cokelat yang dapat dikembangkan sebagai sumber pewarna alami. Dimana, warna merupakan salah satu parameter penting yang menentukan daya tarik konsumen terhadap produk, termasuk pada produk pewarna pipi (blusher). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi ekstrak pigmen fukosantin dari Sargassum sp. terhadap kualitas fisik sediaan pewarna pipi (blusher). Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Juni 2019 di Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan pada penelitian ini yaitu variasi penambahan ekstrak pigmen fukosantin dari Sargassum sp. dalam sediaan pewarna pipi (blusher) dengan konsentrasi 4%, 5%, 6% dan 7%. Analisis data yang digunakan yaitu data parametrik dengan ANAVA, data non-parametrik dengan Kruskal-wallis dan secara deskriptif dengan gambar dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ekstrak pigmen fukosantin dari Sargassum sp. memberikan pengaruh terhadap kualitas fisik sediaan pewarna pipi (blusher). Dimana, sediaan blusher ini memiliki homogenitas warna yang baik dan memiliki ukuran partikel yang hampir sama dengan blusher komersial; memiliki kestabilan warna yang baik selama penyimpanan 15 hari dengan perubahan pH yang semakin meningkat antara 8,32-9,34; tidak ada reaksi iritasi yang timbul pada 10 orang panelis serta memiliki nilai hedonik tertinggi pada sediaan pewarna pipi (blusher) dengan penambahan fukosantin 4%. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah sediaan pewarna pipi (blusher) dengan penambahan ekstrak pigmen fukosantin sebanyak 4%. Dimana, perlakuan 4% memiliki homogenitas dan kestabilan warna yang baik, tidak menimbulkan iritasi pada kulit, memiliki nilai pH yang paling mendekati netral atau sesuai dengan nilai pH fisiologis kulit serta memiliki aktivitas antioksidan yang tergolong sedang dengan nilai IC50 yaitu 123,66 μg/mL dan blusher memiliki bentuk seperti bongkahan-bongkahan kecil dengan rerata ukuran 36,79 μm pada analisis SEM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.225/19 Nur a
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TP934-945 Paints, pigments, varnishes, etc.
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
DESSY NURAINI, 141511233007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, 0016017002UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Saputra, 0025108605UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:11
Last Modified: 07 Oct 2019 08:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88394
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item