TINGKAT LITERASI KESEHATAN DAN PENERIMAAN MASYARAKAT PADA EKS PENDERITA KUSTA(Studi Deskriptif di “Kampung Kusta” Sumberglagah Kabupaten Mojokerto)

ASNI RIZMAYATI, 071711623013 (2019) TINGKAT LITERASI KESEHATAN DAN PENERIMAAN MASYARAKAT PADA EKS PENDERITA KUSTA(Studi Deskriptif di “Kampung Kusta” Sumberglagah Kabupaten Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ARTIKEL_ASNI RIZMAYATI-071711623013.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 64 19 Riz t.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi kesehatan dapat dijadikan sebagai program promosi kesehatan yang dapat meningkatkan informasi kesehatan mengenai eks penderita kusta. Hal tersebut didukung dengan fenomena yang terjadi masih adanya stigma dan diskriminasi masyarakat pada eks penderita kusta yang ada di Dusun Sumberglagah, Desa Tanjung Kenongo, kabupaten Mojokerto. Dusun Sumberglagah merupakan salah satu kampung kusta yang ada di provinsi Jawa Timur. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan wawancara terbuka dengan kuesioner yang ditujukan pada masyarakat yang berada di sekitar Desa Tanjung Kenongo dengan teknik pengambilan data purposive sampling sejumlah 100 responden. Hasil temuan pada penelitian ini bahwa tingkat literasi kesehatan dan penerimaan masyarakat pada eks penderita kusta di Kampung Kusta Sumberglagah Kabupaten Mojokerto kategori sedang. Dalam hal ini untuk mengukur tingkat literasi kesehatan menggunakan tiga indikator yaitu penilaian informasi termasuk kategori tinggi, determinan sosial kesehatan tergolong pada kategori sedang serta tindakan kolektif adalah kategori rendah. Selain itu penerimaan masyarakat termasuk dalam kategori sedang. Hasil tabulasi silang literasi kesehatan dan penerimaan masyarakat yang menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi kesehatan maka semakin tinggi pula penerimaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 64/19 Riz t
Uncontrolled Keywords: literasi kesehatan, penilaian informasi, determinan sosial kesehatan, tindakan kolektif, penerimaan masyarakat, kusta.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ASNI RIZMAYATI, 071711623013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom, NIDN: '0030056402UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:15
Last Modified: 08 Oct 2019 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item