KETERLIBATAN KELUARGA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DI LINGKUNGAN BUDAYA MADURA DI DESA DUREN, KECAMATAN GADING, KABUPATEN PROBOLINGGO

Dian Rahmad Maulana, 071411631011 (2019) KETERLIBATAN KELUARGA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DI LINGKUNGAN BUDAYA MADURA DI DESA DUREN, KECAMATAN GADING, KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 75 19 Mau k.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - DIAN RAHMAD MAULANA - 071411631011.pdf

Download (117kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di dalam perkembangan masyarakat Jawa yang semakin modern, masyarakat Madura pada desa Duren Probolinggo tetap berusaha menjaga konsistensi ajaran dan perkembangan di dalam ruang dinamis atau dapat dikatakan daerah tapal kuda. Menggunakan praktik ajaran yang dilakukan secara turun temurun untuk mempertahankan literasi di berikan untuk tujuan tersebut supaya pada generasi yang akan dating tidak lupa dan mampu menjaga sampai kedalam generasi selanjutnya. Namun hal tersebut akan berdampak pada pengembangan literasi dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Hal tersebut menunjukkan bahwa sosio kultural juga memberikan dampak terhadap literasi Pada dasarya keterlibatan orang tua adalah salah satu kunci utama dalam mengembangkan literasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam menentukan data didalamnya melalui metode wawancara yang mendalam, data sekunder, dan observasi di desa Duren beserta kebudayaannya. Dengan dibantu dengan teori utama konstruksi sosial milik Peter L. Berger dan Thomas Luckmann dengan membawa proses sosial momen, eksternalisasi, objektivasi, internalisasi. Teori pendukung dengan menggunakan pembelajaran kognitif milik Lev Vygotsky yang mendasarkan keluarga dalam memenuhi literasi. Hasil dari penelitian ini membentuk sebuah keterkaitan dimana guru dan orang tua mempunyai intervensi dengan budaya yang masing konstruksi sosial berhubungan dengan budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 75/19 Mau k
Uncontrolled Keywords: literasi, keluarga, guru, konstruksi sosial
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dian Rahmad Maulana, 071411631011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti. Dra., M.I.Kom, NIDN: '0030056402UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:18
Last Modified: 08 Oct 2019 04:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88483
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item