“Pengaruh Kualitas Argumen dan Kredibilitas Sumber terhadap Adopsi Informasi dengan Kegunaan Informasi sebagai Pemediasi pada Grup Online Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga Surabaya”

Yuniarti Lestari, 071411631051 (2019) “Pengaruh Kualitas Argumen dan Kredibilitas Sumber terhadap Adopsi Informasi dengan Kegunaan Informasi sebagai Pemediasi pada Grup Online Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga Surabaya”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 79 19 Les p.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL YUNIARTI L_071411631051.pdf

Download (110kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyebaran berita hoax saat ini sudah sangat mengkhawatirkan masyarakat Indonesia. Berita-berita tidak benar tersebut banyak disebarkan melalui media sosial maupun grup-grup online di berbagai aplikasi pesan instant. Bahkan banyak konten hoax yang diterima maupun dibagikan oleh seseorang berstatus mahasiswa. Hal tersebut membuktikan bahwa penerimaan informasi mahasiswa saat ini masih belum sempurna. Serta kemampuan mereka mengevaluasi suatu informasi sebelum mengadopsinya masih belum cukup baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap adopsi informasi ditambah dengan adanya variabel mediasi antara hubungan tersebut, yaitu kegunaan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden, yakni mahasiswa anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis path analysis (analisis jalur) karena memiliki hubungan yang kompleks dan terdapat variabel intervening didalamnya. Pengolahan data juga dibantu dengan program komputer SPSS dan SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini ialah seluruh jalur dinyatakan berpengaruh secara signifikan. Variabel kualitas argumen (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kegunaan informasi (Z) dengan nilai t-statistik 4,315. Selanjutnya, variabel kredibilitas sumber (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel kegunaan informasi (Z) dengan nilai t-statistik sebesar 6,832. Kemudian, variabel kegunaan informasi (Z) juga berpengaruh secara signifikan terhadap adopsi informasi (Y) dengan t-statistik 3,233. Selanjutnya variabel kualitas argumen (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel adopsi informasi (Y) dengan nilai t-statistik sebesar 4,695. Terakhir variabel kredibilitas sumber (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel adopsi informasi (Y2) dengan nilai t-statistik sebesar 2,475. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa, adanya varibel intervening yaitu kegunaan informasi (Z), mampu memediasi hubungan kualitas argumen dan kredibilitas sumber dengan adopsi informasi. Hal tersebut terbukti dari nilai t-statistik pengaruh tidak langsung variabel kualitas informasi (X1) sebesar 2,564 dan kredibilitas sumber (X2) sebesar 2.863.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 79/19 Les p
Uncontrolled Keywords: Adopsi Informasi, Kualitas Argumen, Kredibilitas Sumber, Kegunaan Informasi, Path Analysis.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yuniarti Lestari, 071411631051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDr. Tri Soesantari, Dra.,Dra.,M.Si., NIDN: '0017055905UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:34
Last Modified: 08 Oct 2019 04:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88489
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item