HUBUNGAN ANTAR DIMENSI LITERASI LINGKUNGAN HIDUP (STUDI EKSPLANATIF ANTAR DIMENSI LITERASI LINGKUNGAN PADA PROGRAM “ZERO WASTE ACADEMY” TAHUN 2017 DI KABUPATEN SIDOARJO)

Ninik Alfiyah, 071611623003 (2019) HUBUNGAN ANTAR DIMENSI LITERASI LINGKUNGAN HIDUP (STUDI EKSPLANATIF ANTAR DIMENSI LITERASI LINGKUNGAN PADA PROGRAM “ZERO WASTE ACADEMY” TAHUN 2017 DI KABUPATEN SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 86 19 Alf h.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan lingkungan di Indonesia telah menjadi isu strategis dan konsen banyak pihak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Indonesia, permasalahan lingkungan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Namun perlu diketahui bahwa secara global, permasalahan lingkungan sangat erat kaitannya dengan literasi lingkungan yang dimiliki masyarakat sebagaimana terdapat empat dimensi literasi lingkungan yaitu pengetahuan, keterlibatan, keterampilan, dan perilaku. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar dimensi literasi lingkungan dan dimensi yang paling mendominasi pada literasi lingkungan yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling pada masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang tergabung dalam anggota Zero Waste Academy. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yakni penyebaran angket secara lansung dan online, kemudian diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antar dimensi literasi lingkungan (nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05) yaitu hubungan pengetahuan dengan keterlibatan dan keterampilan dengan keterlibatan masuk dalam kategori cukup, sedangkan hubungan pengetahuan dan perilaku, keterlibatan dengan perilaku, keterampilan dengan pengetahuan, dan keterampilan dengan perilaku masuk dalam kategori kuat. Selain itu, penelitian ini juga menemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan gender antara dimensi pengetahuan, keterlibatan, dan keterampilan, namun pada dimensi perilaku (nilai Sig. (2-tailed) 0.027 < 0.05) terdapat perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 86/19 Alf h
Uncontrolled Keywords: Literasi lingkungan, Pengetahuan, Keterlibatan, Keterampilan, Perilaku
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ninik Alfiyah, 071611623003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom, NIDN: '0030056402UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:08
Last Modified: 08 Oct 2019 07:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item