KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG INDONESIA SETELAH KEMERDEKAAN DALAM NASKAH “MATAHARI DI SEBUAH JALAN KECIL” KARYA ARIFIN C. NOER KAJIAN: SOSIOLOGI SASTRA

BINTANG VERSACE ARSA, 121511133029 (2019) KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG INDONESIA SETELAH KEMERDEKAAN DALAM NASKAH “MATAHARI DI SEBUAH JALAN KECIL” KARYA ARIFIN C. NOER KAJIAN: SOSIOLOGI SASTRA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fs.Bi.109-19 Ars k daftar isi.pdf

Download (188kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fs.Bi.109-19 Ars k.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Fs.Bi.109-19Ars k abstrak.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Fs.Bi.109-19Ars k daftar pustaka.pdf

Download (241kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul ―Kondisi Sosial Ekonomi Orang Indonesia Setelah Kemerdekaan Dalam Naskah ―Matahari di Sebuah Jalan Kecil‖ Karya Arifin C Noer Kajian: Sosiologi Sastra‖ ini bertujuan untuk 1) Mengungkap kondisi sosial ekonomi orang Indonesia setelah kemerdekaan dalam naskah drama ―Matahari di Sebuah Jalan Kecil‖ karya Arifin C Noer, 2) Memaknai secara sosiologis kondisi sosial ekonomi orang Indonesia setelah kemerdekaan dalam naskah‖Matahari di Sebuah Jalan Kecil‖ karya Arifin C Noer. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra prespektif Marx, secara sosial teori prespektif sastra Marx memahami bentuk, gaya, dan makna sosial sastra terkait dengan situasi sosial dan sejarah tertentu. Hal ini sesuai dengan pembahasan peneliti mengenai kondisi sosial ekonomi orang Indonesia setelah kemerdekaan dalam naskah ―Matahari di Saebuah Jalan Kecil‖ karya Arifin C Noer. Metode yang digunakan yaitu kualitatif (library research) sehingga data yang ditemukan berupa kutipan-kutipan dalam teks yang dijabarkan secara deskriptif. Peneliti memeroleh data dengan mencari kondisi sosial ekonomi dalam naskah ―Matahari di Sebuah Jalan Kecil‖. Hasil penelitian yaitu kondisi sosial ekonomi orang Indonesia setelah kemerdekaan dalam naskah ―Matahari di Sebuah Jalan Kecil‖ karya Arifin C Noer mengungkap kegiatan manusia yang dihimpit oleh kondisi sosial ekonomi yang ada di masyarakat, pola kehidupan dan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat sekitar menunjukan bahwa permasalahan sosial dapat berulang, dengan mengungkap konteks sosial masyarakat Indonesia mengenai kaum buruh yang masih belum beranjak dari keterpurukan represi dan dominasi kekuasaan kelas atas dan rendahnya intelektual masyarakat, sehingga naskah ini relevan sepanjang zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 109/19 Ars k
Uncontrolled Keywords: teks drama, sosiologi sastra, kondisi sosial ekonomi
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
BINTANG VERSACE ARSA, 121511133029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. I.B.Putera Manuaba, Drs., M.Hum., NIDN: '0008096406UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:54
Last Modified: 09 Oct 2019 07:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item