ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA RUMAH BAHASA SURABAYA BERDASARKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN ANALISIS GAP

ODELIA ANJANETTE TELAUMBANUA, 081511833005 (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA RUMAH BAHASA SURABAYA BERDASARKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN ANALISIS GAP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ST. S. 41-19 Tel a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Bahasa merupakan salah satu bentuk pelayanan publik dari pemerintahan kota Surabaya yang bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi persaingan dan tantangan di bidang ekonomi sebagai imbas dari berlakunya ASEAN Economic Community 2015 atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sebagai bentuk pelayanan publik sangat diharapkan untuk selalu menjaga dan meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian kepuasan peserta Rumah Bahasa Surabaya menggunakan metode Customer Satisfaction Index dan analisis GAP. Responden sebanyak 136 orang mengisi kusioner yang berisikan pertanyaan atas layanan dan fasilitas Rumah Bahasa yang terdiri dari dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung. Didapatkan tingkat kepuasan peserta rumah bahasa berdasarkan perhitungan nilai CSI sebesar 79,9% yang berarti peserta Rumah Bahasa sangat puas terhadap fasilitas dan pelayanan yang diberikan serta berdasarkan analisis GAP disimpulkan ada beberapa aspek yang masih kurang yaitu, keterampilan dan pelayanan tim pengajar dalam mengajar serta keberadaan tim pengajar di Rumah Bahasa, informasi tentang Rumah Bahasa dan ketersediaan fasilitas untuk perlengkapan mengajar. Beberapa aspek tersebut menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 41-19 Tel a
Uncontrolled Keywords: Rumah Bahasa Surabaya, Customer Satisfaction Index, GAP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
ODELIA ANJANETTE TELAUMBANUA, 081511833005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, NIDN: 0028056805UNSPECIFIED
Thesis advisorSediono, NIDN: 0007126105UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:03
Last Modified: 10 Oct 2019 03:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item