IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA

MUAFA MAHDI RAMADHAN, 101511133156 (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
6 ABSTRACT .pdf

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8 DAFTAR ISI .pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20 DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (116kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.205-19 Ram i.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan hak seluruh warga negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Hak kesehatan dimiliki oleh seluruh warga negara mulai dari anak baru lahir hingga kelompok lanjut usia. Meningkatnya usia harapan hidup indonesia menyebabkan semakin banyaknya jumlah penduduk lanjut usia. Peningkatan jumlah penduduk lanjut usia perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah dikarenakan karakteristik penduduk lanjut usia yang berbeda dengan penduduk usia muda dan usia produktif. Karakteristik lanjut usia yang berbeda ini dapat mempengaruhi pola masalah kesehatan yang timbul dikalangan lanjut usia sehingga perlu penanganan khusus. Pemerintah telah menciptakan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 67 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lansia di Puskesmas untuk mempermudah dalam pemberian pelayanan kesehatan lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis gambaran implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 67 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lansia di Puskesmas di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dengan desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 25 puskesmas dengan proses pengambilan sampel meggunakan metode stratified random sampling tidak proporsional. Pengambilan data menggunakan kuesioner untuk melihat kesesuaian pelaksanaan pelayanan kesehatan lanjut usia dengan peraturan yang tersedia dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan tenaga kesehatan tentang pelayanan kesehatan lanjut usia dikategorikan baik namun belum ada pelatihan khusus tentang pelayanan kesehatan lanjut usia. Untuk pelayanan kesehatan lanjut usia dalam gedung mayoritas puskesmas sudah melaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan perlu ditingkatkan. Untuk pelayanan kesehatan lanjut usia di luar gedung mayoritas puskesmas juga sudah melaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku meskipun ada beberapa puskesmas yang belum sesuai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan lanjut usia di puskesmas sudah cukup baik dan perlu ada peningkatan untuk sebagian puskesmas yang belum memenuhi persyaratan. Sebaiknya perlu ada monitoring, evaluasi, dan sosialisasi lebih lanjut untuk memastikan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan lanjut usia di puskesmas berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.205/19 Ram i
Uncontrolled Keywords: Health Policy, Elderly, Health Services, Community Health Centers (Puskesmas)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUAFA MAHDI RAMADHAN, 101511133156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorERNAWATY, NIDN: 0020046605UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:09
Last Modified: 11 Oct 2019 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item