PENGARUH INTERNAL SERVICE QUALITY DAN KARAKTERISTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT (Studi di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya)

VENIA ILMA DWI PRASTIKA, 101511133210 (2019) PENGARUH INTERNAL SERVICE QUALITY DAN KARAKTERISTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT (Studi di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
6 ABSTRACT .pdf

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8 DAFTAR ISI .pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20 DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (74kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.213-19 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit diharapkan dapat memberikan kepuasan kerja terhadap perawat agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Pada tahun 2018 perawat di instalasi rawat inap RSI A.Yani Surabaya kepuasan kerja perawat masih belum merasa puas yaitu sebanyak 58,7%. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu karakteristik individu dan kualitas pelayanan internal. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh antara kualitas pelayanan internal dan karakteristik perawat terhadap kepuasan kerja perawat di RSI A.Yani Surabaya. Penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini merupakan perawat yang berada di instalasi rawat inap RSI A.Yani Surabaya sebanyak 104 perawat dengan sampel yaitu 78 perawat di masing-masing ruang rawat inap. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada perawat dalam pengambilan data. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan internal, variabel terikat adalah kepuasan kerja perawat, dan variabel moderator pada penelitian ini adalah karakterisitik perawat. Pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier untuk menganalisis data. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari kualitas pelayanan internal adalah 0,000. Sedangkan pada karakterisitk perawat yaitu umur memiliki nilai signifikansi 0,518, jenis kelamin 0,850, lama kerja 0,989, pendidikan 0,312, status kepegawaian 0,188, dan status pernikahan 0,674. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan internal berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat dan karakteristik perawat tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.213/19 Pra p
Uncontrolled Keywords: internal service quality, Islamic Hospital A.Yani Surabaya, job satisfaction, nurse characteristics
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VENIA ILMA DWI PRASTIKA, 101511133210UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSTEFANUS SUPRIJANTO, NIDN: '0016094902UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:00
Last Modified: 14 Oct 2019 03:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item