GAMBARAN PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PENALARAN MORAL SISWA DI PAUD INKLUSI

Citra Ayu Pradana, 111411131027 (2019) GAMBARAN PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PENALARAN MORAL SISWA DI PAUD INKLUSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Psi. 180-19 Pra g abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Psi. 180-19 Pra g daftar isi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Psi. 180-19 Pra g daftar pustaka.pdf

Download (70kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Psi. 180-19 Pra g.pdf
Restricted to Registered users only until 14 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran peran guru dalam mengoptimalkan penalaran moral siswa di PAUD inklusi. Manusia menemui banyak pilihan dalam hidup, termasuk dalam interaksi. Pilihan dapat menjadi dilema moral jika berhubungan dengan tindakan moral. Dilema moral juga dihadapi siswa sejak dini sehingga perlu mengembangkan penalaran moral agar siswa mampu menentukan sikap dalam menghadapi dilema moral. Guru memiliki peran untuk mengembangkan penalaran moral siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan pada guru dan siswa di PAUD inklusi. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dengan wawancara dan observasi sebagai metode penggalian data. Triangulasi metode digunakan untuk meningkatkan kredibilitas data dengan membandingkan hasil observasi dan hasil wawancara subjek penelitian. Teknik pengorganisasian data menggunakan analisis tematik dengan pendekatan data driven. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru masih memandang penalaran moral sebagai perkembangan moral sehingga peran guru dilakukan untuk mendukung perkembangan moral siswa, dengan cara memberi informasi perilaku dan menjadi model bagi siswa, menjadi teman siswa dengan mendengar keluhan siswa dan memberi perhatian, memberi konsekuensi pada siswa, meminta siswa merefleksikan perilaku, memberi motivasi siswa, memberi penjelasan perilaku, dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menyelesaikan konflik. Penelitian ini juga menyajikan perkembangan moral siswa dalam penilaian guru sebagai dampak peran yang dijalankan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 180/19 Pra g
Uncontrolled Keywords: Guru, Siswa, Penalaran Moral, Peran Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB1805-2151 State teachers colleges
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Citra Ayu Pradana, 111411131027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRudi Cahyono, M.Psi,Psikolog, NIDN: '0010098104UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:57
Last Modified: 14 Oct 2019 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89006
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item