HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APD, JENIS KECELAKAAN, DAN KENDARAAN LAWAN DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya yang Menggunakan Sepeda Motor)

DEWI MARIATUS SHOLIHAH, 101511133114 (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APD, JENIS KECELAKAAN, DAN KENDARAAN LAWAN DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya yang Menggunakan Sepeda Motor). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FKM.218-19 Sho h abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text
FKM.218-19 Sho h daftar isi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
FKM.218-19 Sho h daftar pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.218-19 Sho h.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyebab kematian tertinggi salah satunya yaitu kecelakaan lalu lintas. Kota Surabaya merupakan salah satu kota tertinggi angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jawa Timur. Kecelakaan tersebut terutama terjadi pada kendaraan sepeda motor. Menurut teori Haddon Matrix bahwa keparahan korban kecelakaan lalu lintas tersebut salah satunya dipengaruhi oleh faktor usia korban, penggunaan alat pelindung diri, jenis kecelakaan, kendaraan lawan. Undang Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjelaskan bahwa setiap orang harus berkendara dengan wajar, penuh konsentrasi dan mematuhi tata tertib. Selain itu berdasarkan Departemen Perhubungan tahun 2009 setiap pengendara sebaikknya menggunakan alat pelindung diri. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian case control. Sampel penelitian sebesar 60 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu sistem random sampling dengan pengambilan secara acak pada korban kecelakaan lalu lintas. Pengumpulan data dengan menggunakan alat bantu kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi-Square dan Fisher’s Exact.Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan pada variabel usia (p=0,099), penggunaan helm (p=0,209), penggunaan jaket (p=0,432), penggunaan sarung tangan (p=0,754), dan jenis kecelakaan (p=0,265). Selain itu terdapat hubungan pada variabel penggunaan sepatu (p=0,020) dan kendaraan lawan (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan sepatu dan kendaraan lawan memiliki hubungan dengan tingkat keparahan korban kecelakaan lalu lintas di Kota Surabaya. Diharapkan adanya upaya preventif dengan sistem transportasi yang aman seperti jalan kaki atau bersepeda dan melakukan penyuluhan pentingya penggunaan alat pelindung diri yang saat berkendara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.218-19 Sho h
Uncontrolled Keywords: Keparahan Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Alat Pelindung Diri, Jenis Kecelakaan, Kendaraan Lawan.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8079.5-8079.55 Traffic control. Traffic accident investigation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DEWI MARIATUS SHOLIHAH, 101511133114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLUCIA YOVITA HENDRATI, NIDN: '0019106802UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Oct 2019 04:50
Last Modified: 15 Oct 2019 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item