PENGARUH NARSISME MULUK DAN RENTAN (GRANDIOSE DAN VULNERABLE NARCISSISM) TERHADAP PERILAKU AGRESI PROAKTIF DAN REAKTIF PADA INDIVIDU DEWASA AWAL

MIRTA MAULIDA MULYANTI, 111511133189 (2019) PENGARUH NARSISME MULUK DAN RENTAN (GRANDIOSE DAN VULNERABLE NARCISSISM) TERHADAP PERILAKU AGRESI PROAKTIF DAN REAKTIF PADA INDIVIDU DEWASA AWAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Psi. 202-19 Mul p abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Psi. 202-19 Mul p daftar isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Psi. 202-19 Mul p daftar pustaka.pdf

Download (40kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Psi. 202-19 Mul p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh narsisme muluk dan rentan terhadap perilaku agresi proaktif dan reaktif pada individu dewasa awal. Agresi proaktif adalah konstruk psikologis dengan dua dimensi atau faktor, yakni agresi proaktif berdasarkan orientasi tujuan dan agresi proaktif dominasi. Begitu juga dengan agresi reaktif adalah konstruk psikologis dengan dua dimensi atau faktor, yakni agresi reaktif ancaman dan agresi reaktif impulsif. Penelitian ini dilakukan pada sampel yang terdiri dari 834 orang pada rentang usia 18-40 tahun. Data diperoleh menggunakan metode survei dengan skala Brief Pathological Narcissism Inventory (B-PNI) untuk mengukur narsisme muluk dan rentan serta vignette dalam bentuk cerita untuk mengukur agresi proaktif dan reaktif. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan analisis data korelasi Pearson, regresi linear berganda, dan regresi hirarki menggunkan aplikasi SPSS Statistics 22 for windows. Hasil analisis data menunjukkan agresi proaktif dipengaruhi oleh narsisme rentan. Narsisme rentan cenderung untuk diam ketika gambaran diri positif diserang, dan hal inilah yang memicu narsisme rentan untuk lebih berperilaku secara proaktif daripada reaktif. Selain itu, agresi reaktif dipengaruhi oleh narsisme muluk. Narsisme muluk cenderung bereaksi secara emosional ketika gambaran diri positif diri diserang, dan hal inilah yang memicu untuk lebih berperilaku secara reaktif daripada proaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 202/19 Mul p
Uncontrolled Keywords: agresi, muluk, narsisme, proaktif, reaktif, rentan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
MIRTA MAULIDA MULYANTI, 111511133189UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMargaretha, S.Psi., P.G.Dip.Psych., M.Sc.,, NIDN: '0007108001UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Oct 2019 05:52
Last Modified: 15 Oct 2019 05:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89119
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item