RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY VIKOR BERBASIS NILAI ENTROPI

RIO RAMADHAN DHARMAWAN, 081311633027 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY VIKOR BERBASIS NILAI ENTROPI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ST SI 30-19 Dha r abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ST SI 30-19 Dha r daftar isi.pdf

Download (144kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 30-19 Dha r.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
ST SI 30-19 Dha r daftar pustaka.pdf

Download (108kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun oleh Universitas Airlangga. Peninjauan pada kasus pemilihan mahasiswa berprestasi di Fakultas Vokasi didapatkan bahwa pemilihan mahasiswa berprestasi dipegang oleh bagian kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk memilih mahasiswa berprestasi pada Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dengan menggunakan metode Fuzzy Vikor berbasis nilai Entropi berdasarkan panduan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Penelitian ini terdiri dari enam tahapan. Tahapan pertama metodologi penelitian meliputi Pengumpulan data dan Informasi melalui studi literatur, wawancara dan pengumpulan data sekunder. Tahapan kedua Pengolahan data dan informasi untuk mendapatkan rancangan sistem yang akan dibangun. Tahap Ketiga adalah anailisis data dengan Fuzzy Vikor berbasis nilai Entropi untuk bisa diperoleh rangking rekomendasi mahasiswa berprestasi. Tahap Keempat perancangan sistem dengan menggunakan activity diagram, desain user interface dan pseudocode. Tahap Kelima adalah implementasi sistem berbasis web serta perangkingan dengan menggunakan sistem. Tahap Keenam adalah pengujian sistem dengan pengujian validitas sistem. Pada tahap terakhir, evaluasi sistem dilakukan melalui kepuasan user berdasarkan nilai usability, functional completeness, performance dan overall. Sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi dengan menggunakan metode Fuzzy Vikor berbasis nilai Entropi dapat mengungkapkan alternatif mana yang lebih baik, yang tidak dapat diperbandingkan atau yang tidak terlalu signifikan perbedaannya antar alternatif satu dengan alternatif lainnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem tersebut sangat baik berdasarkan rentang skor kuesioner. Dengan demikian, diharapkan sistem pendukung keputusan ini dapat membantu dalam pemilihan mahasiswa berprestasi di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 30/19 Dha r
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Fuzzy Vikor berbasis nilai Entropi, Multi-Criteria Decision Making, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
RIO RAMADHAN DHARMAWAN, 081311633027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Eto Wuryanto, DEA, NIDN: '0028096605UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Oct 2019 08:03
Last Modified: 15 Oct 2019 08:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item